Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Komponen-komponen dan Contoh Dalam Siklus Hidrologi

Komponen-komponen dan Contoh Dalam Siklus Hidrologi – Komponen-komponen dalam siklus hidrologi merupakan suatu rangkaian jalur dari saat air naik menuju ke atmosfer, kemudian jatuh ke bumi dalam bentuk hujan dan kemudian terus mengalir sampai memasuki perairan hingga merembes kedalam tanah sampai akhirnya berbalik kembali ke atmosfer melalui media transpirasi dan evaporasi untuk kembali ke siklus yang sama.

Adapun komponen-komponen dalam siklus hidrologi dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

Komponen Evaporasi (Presipitasi)

Adalah proses air yang berada didaratan maupun di lautan yang mendapatkan pemanasan dari sinar matahari, dan selanjutnya mengalami perubahan menjadi uap air yang kasat mata atau tidak terlihat di atmosfir.

Proses transpirasi juga terjadi, yaitu proses saat tanaman juga mengeluarkan uap air. Proses evaporasi dan transpirasi berjalan secara bersamaan dalam siklusnya.

Komponen Transpirasi

Adalah proses saat pelepasan uap air yang berasal dari tumbuhan terjadi melalui media mulut daun atau yang lebih dikenal dengan stomata.

Komponen Evapotranspirasi

Adalah proses penggabungan yang terjadi antara proses evaporasi dan proses transpirasi.

Komponen Kondensasi

Adalah proses saat uap air menaiki lapisan atmosfer kebagian yang lebih tinggi sampai terjadi perubahan bentuk melalui proses kondensasi dalam bentuk embun ataupun berupa kumpulan titik-titik air, salju dan es.

Perwujudan bentuk-bentuk tersebut merupakan bahan dasar untuk pembentukan kabut dan awan.

Komponen Presipitasi (Hujan)

Adalah proses saat curah hujan ataupun ataupun dalam bentuk titik air, salju dan es mengalami perubahan yang semakin besar saat berada di awan. Pada saat presipitasi terjadi,pembentukan hujan berasal dari kumpulan awan.

Saat ketika kumpulan awan bergerak menuju kesegala penjuru dunia hingga melewati pegunungan, yang terjadi adalah kumpulan awan akan mengalami pendinginan.

Proses berikutnya yang terjadi adalah kumpulan awan tersebut akan segera menjadi air jenuh dan akan jatuh ke bumi dalam bentuk hujan dan salju.

Komponen Adveksi

Adalah proses air yang berjalan secara horizontal dari satu lokasi tertentu ke lokasi lainnya melalui gerakan udara mendatar.

Proses ini hampir sama dengan proses yang terjadi pada proses perjalanan panas dan uap air.

Komponen Infiltrasi (Perkolasi)

Adalah proses saat air hujan jatuh kedaratan, dan selanjutnya mengalami peresapan kedalam bumi melalui tanah dengan cara dialirkan secara proses infiltrasi atau perkolasi melalui melalui celah atau pori tanah dan batuan hingga mencapai permukaan air tanah dan akhirnya menjadi air bawah tanah pada prosesnya.

Komponen Surface Run Off

Adalah proses saat kapiler air bergerak  secara vertical maupun horizontal dibawah permukaan tanah sampai menuju kembali ke permukaan air yang mengalir ataupun air yang tergenang dalam bentuk waduk ataupun rawa.

Saat proses tersebut terjadi, sebagian air yang berada di permukaan tanah akan terkumpul dan bergerak mengalir menuju laut dalam bentuk sungai.

Komponen Infiltrasi

Adalah suatu proses saat pergerakan air masuk kedalam permukaan tanah melalui jaringan pori pori nya.

Komponen Intersepsi

Adalah suatu proses pada saat hujan turun dengan deras, karena air tidak bisa mendarat ketanah karena terhalang dan tertahan pepohonan.

Demikian penjelasan mengenai ulasan komponen-komponen dalam siklus hidrologi yang dapat anda gunakan apabila memerlukan sedikit referensi. Semoga bermanfaat…..!

 

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Peranan dari Bioma

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test