Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sirsak

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sirsak – Jika kita membicarakan tanaman sirsak, maka yang perlu kita ketahui banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman ini. Ketika kita dapat mengolah dan mengkonsumsi tanaman ini dengan baik, maka kita akan mendapatkan khasiatnya.

Manfaat yang akan kita dapatkan dari tanaman ini tidak hanya dari buahnya saja, tetapi kita juga bisa dapat dari komponen lainnya. Seperti halnya daun sirsak, daun ini dapat membantu seseorang dalam menyembuhkan penyakit rematik, batuk, hingga kanker.

Selain itu buah yang terkenal dengan rasanya yang manis dan sedikit kemasaman ini juga dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit kencing batu, disentri, hingga sakit kuning. Jika kita ingin menanam ataupun membudidayakan tanaman sirsak ini karena sudah tahu banyak khasiatnya, maka sebaiknya pahami dulu klasifikasi dan morfologinya dibawah ini:

Klasifikasi

Klasifikasi Tanaman sirsak dalam bahasa ilmiah / latinnya disebut sebagai Annona Muricata L. Tanaman ini termasuk dalam Kingdom / Kerajaan Plantae, Sub Kingdom / Sub Kerajaan Viridiplantae¸ Super Division / Super Divisi Embryophyta, Division / Divisi Tracheophyta, Classing / Kelas Magnoliopsida, Sub Classis / Sub Kelas Magnoliidae, Ordo / Bangsa Magnoliales, Family / Suku Annonaceae, Genus / Marga Annona, dan juga termasuk kedalam Species / Jenis Spesies Annona Muricata.

Morfologi

  1. Akar

Akar dari tanaman sirsak ini termasuk kedalam golongan akar tunggang. Selain itu akar ini tidak memiliki tudung akar, serta tidak memiliki pelindung koleorhiza maupun koleoptil. Kandungan dari akar tersebut terdapat kambium dan dapat tumbuh menjadi membesar.

  1. Daun

Bentuk daun dari tanaman tersebut adalah bulat yang menyerupai telur terbalik dengan ujung yang meruncing serta pinggiran yang rata. Warna dari daun tersebut hijau muda hingga tua dengan permukaan yang mengkilap.

  1. Bunga

Jenis dari bunga ini adalah bunga tunggal. Bentuk dari mahkota bunga tersebut menyerupai segitiga, kaku dan tebal yang berwarna kuning keputih-putihan. Bunga tersebut dapat keluar dari ketiak daun, ranting, ataupun pohon. Bunga ini terkadang hanya ada bunga betina ataupun jantan saja, namun pada umumnya bunga ini sempurna.

  1. Buah

Buah sirsak yang sering ketahui memiliki bentuk agak oval dan lonjong yang memiliki duri kehitaman, namun tidak terlalu tajam. Ketika buah ini masih muda warnanya hijau muda, dan ketika semakin tua warnanya berubah menjadi hijau kekuning-kuningan. Untuk daging buahnya berwarna putih yang bertekstur lembek dan memiliki biji kehitaman.

  1. Biji

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa buah sirsak memiliki biji kehitaman. Bentuk dari biji tersebut adalah bulat dan lonjong dengan panjang 16,8 mm dan lebar 9,6 mm. Untuk jumlahnyapun bermacam-macam, ada yang 20, hingga 70 butir normalnya. Biji dari buah sirsak ini dikatakan tidak normal apabila berwarna putih kecoklatan.

Baca Juga :

Sekian pembahasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman sirsak. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah memahaminya.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test