Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk – Apakah masih ada diantara kalian yang belum mengenal Buah Jeruk ?

Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Buah Jeruk. Buah Jeruk berasal dari tanaman Jeruk / ‘Citrus Sinensis’ yang mempunyai buah berbentuk cantik yaitu bulat agak sedikit lonjong dan berwarna hijau kekuningan banyak mengandung vitamin C.

Buah Jeruk lebih enak dimakan sebagai buah meja yang rasanya segar dan bermanfaat untuk pencuci mulut usai anda makan malam besar bersama dengan keluarga. Dalam keseharian, orang – orang wajib mengkonsumsi minimal sebutir Buah Jeruk untuk menjaga kesehatan tubuh terhadap serangan – serangan penyakit di musim hujan contohnya adalah Flu atau Influenza.

Buah Jeruk merupakan salah satu jenis buah khas Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat, bisa diolah menjadi beranekaragam minuman olahan dari Buah Jeruk. Mempunyai rasa asam, manis, agak pahit serta kandungan air yang cukup besar terdiri dari selain air buah juga kaya akan vitamin, mineral, kalori, protein, dan serat yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Daging Buah Jeruk juga diketahui mengandung zat beta karoten dan thiamin.

Klasifikasi Tanaman Jeruk

Tanaman Jeruk mempunyai beragam spesies dimana tanaman ini termasuk ke dalam kelas tanaman biji berkeping dua yang banyak tumbuh pada daerah – daerah tropis.

  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Rutales
  • Famili : Rutaceae
  • Genus : Citrus
  • Spesies : Citrus Sp.

Morfologi Tanaman Jeruk

  • Akar

Akar dari pohon Jeruk terdiri dari akar tunggang, akar serabut, serta akar – akar rambut dimana akar tunggang pada tanaman Jeruk dewasa dapat mencapai ukuran sekitar 4 meter jika akar ini tertancap pada kondisi tanah yang subur dan tidak ada tanah yang keras ataupun terlalu banyak air / tanah lumpur.

Akar tunggang dari tanaman Jeruk memiliki kondisi dibagian ujung akar terdiri dari sel – sel muda yang jika sudah mencapai usia dewasa maka akan secara otomatis membelah dan merupakan cikal bakal / titik tumbuh akar tunggang pohon Jeruk yang baru. Sel – sel akar sangat lembut sehingga sangat sulit untuk patah atau bercabang apabila secara kebetulan menembus kondisi tanah yang keras dan padat.

  • Batang

Batang dari pohon Jeruk memiliki bentuk bulat dan pada tempat – tempat tertentu merupakan daerah subur ditumbuhi oleh mata tunas. Batang tanaman Jeruk sekilas pandang terlihat agak kasar dan memiliki beberapa batang duri yang tak terlalu tajam, ada pula batang dengan permukaan yang halus, tinggi batang bisa mencapai 15 M dan yang terendah mencapai 5 M yang mempunyai beragam warna, masing – masing tergantung dari jenis tanaman Jeruk yang dibudidayakan.

  • Daun

Daun – daun pada tanaman Jeruk memiliki bentuk bulat lonjong menyerupai telur, memiliki warna hijau muda ketika berupa tunas dan setelah berusia dewasa akan berubah warna menjadi hijau tua dan terlihat tebal berlapis lilin. Kedua sisi daun tak berbulu, dengan tulang daun memiliki bentuk menyirip beraturan dan beberapa diantaranya ada yang berselang – seling.

  • Bunga

Buah Jeruk merupakan buah yang berasal dari tanaman dengan bunga bersifat majemuk, berwarna putih pucat dan tergolong ke dalam bentuk bunga sempurna dimana dalam 1 kuntum bunga memiliki 2 kelamin yang disebut ‘hermafrodit’. Pada umumnya bunga Buah Jeruk baru akan muncul pertama kali pada ketiak daun dan atau pucuk ranting pohon yang masih muda dengan mengeluarkan aroma harum karena mengandung ‘nektar’ atau madu dalam jumlah besar.

  • Buah

Buah Jeruk berbentuk bulat, oval, dan beberapa diantaranya berbentuk lonjong agak memanjang. Kulit buahnya agak kasar, tebal, alot, berair serta mengandung lapisan lilin. Ada pula yang tipis dan mudah dikupas, mempunyai warna kuning, jingga, hijau atau tergantung jenisnya masing – masing.

  • Biji

Di dalam daging Buah Jeruk terdapat biji, dimana ketersediaan biji pada daging Buah Jeruk tergantung dari varietasnya masing – masing. Ada yang memiliki biji banyak hingga beberapa jenis Buah Jeruk yang tidak berbiji. Biji – biji dari BUah Jeruk memiliki warna putih atau putih keabu – abuan, berbentuk bulat telur dan runcing pada salah satu ujungnya, bersifat ‘Poliembrional’ dengan kondisi embrio berwarna putih.

Demikian kami menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman Jeruk, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test