Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BUNGA KERTAS

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BUNGA KERTAS – Siapa yang tidak pernah melihat bunga kertas? Hampir semua orang pasti pernah melihat bunga ini.

Bunga kertas atau yang bisa juga disebut dengan bunga bougenville biasanya terdapat di sekitar pekarangan rumah. Tanaman asal amerika selatan ini memiliki beragam warna yang cantik-cantik, sehingga tak heran banyak orang yang merawat bunga tersebut.

Walaupun memiliki bentuk pohon yang kecil dan sulit untuk tumbuh dengan tegak, tanaman hias ini tetap menjadi primadona untuk menghiasi suatu taman ataupun halaman. Tetapi, tahukah kamu mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman bunga kertas? Berikut penjelasannya:

Klasifikasi Bunga Kertas

Tanaman bunga kertas dalam bahasa ilmiah / latinnya disebut sebagai Bougainvillea glabra Choisy. Tanaman ini termasuk dalam Kingdom / Kerajaan Plantae, Sub Kingdom / Sub Kerajaan Viridiplantae¸ Super Division / Super Divisi Embriophyta, Division / Divisi Tracheophyta, Classing / Kelas Magnoliopsida, Ordo / Bangsa Caryophyllales, Family / Suku Nysctaginaceae, Genus / Marga Bougainvillea Comm. Dan juga termasuk kedalam Species / Jenis Spesies Bougainvillea Glabra Choisy.

Morfologi Bunga Kertas

  1. Akar

Akar dari tanaman bunga kertas termasuk kedalam akar tunggang yang tumbuh secara vertikal. Akar ini mempunyai cabang yang tumbuhnya melebar bahkan hingga kedalaman 50-80 cm. Namun tumbuhnya yang melebar ini bisa lebih tergantung pada varietasnya.

  1. Batang

Batang ini berkayu dengan bentuk batang bulat memanjang yang memiliki duri serta banyak memiliki percabangan. Permukaan batang tersebut bertekstur halus hingga kasar yang berwarna coklat dengan ketinggian mencapai 2-3 m, bahkan bisa lebih.

  1. Daun

Bentuk dari daun tanaman bougenville ini adalah seperti oval yang melebar. Daun ini juga bertepi rata dan bertulang menyirip yang berwarna hijau muda hingga tua. Selain itu ukuran panjang daun ini sekitar 1-4 cm dengan pertakaian pendek yang memiliki panjang 0,5-1 cm yang berwarna coklat muda.

  1. Bunga

Disebut bunga kertas dikarenakan bentuk bunganya yang sangat tipis dan kaku seperti kertas. Bunga ini termasuk kedalam golongan tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai, tenda bunga, kepala putik, tangkai putik, tangkai sari dan benang sari.

Biasanya bunga ini muncul pada ketiak daun yang memiliki berbagai macam warna seperti putih, merah muda dan tua, jingga, ungu, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai klasifikasi dan morfologi bunga kertas / bunga bougenville, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah memahaminya.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test