Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek – kali ini kita akan membahas tentang bunga Anggrek. Bunga Anggrek merupakan bunga hias yang tersebar di seluruh dunia kecuali gurun pasir Sahara dan juga kutub ya.

Bunga hias ini sering kita temukan di halaman rumah maupun di dalam rumah sebagai tanaman gantung yang menghiasi rumah.  Bunga yang memiliki beragam warna ini berjumlah sekitar 20.000 spesies.

Beruntungnya tanah Indonesia, karena 6.000 spesies anggreknya tersebar di Negara ini. Tumbuh subur di hutan Indonesia.

Sebelum menanam bunga Anggrek, sebaiknya Anda mengetahui cara penanaman dan perawatan yang baik dan sesuai untuk tanaman ini. Tapi, alangkah baiknya jika Anda juga tahu tentang klasifikasi dan morfologinya. Yuk langsung saja kita pelajari apa saja Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek.

Klasifikasi Tanaman Bunga Anggrek

  • Kingdom : Plantae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Orchidales
  • Famili : Orchidaceae
  • Genus : Dendrobium
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Species : Dendrobium macrophylumm, Dendrobium canaliculatum, Dendrobium lineale, Dendrobium bifale dan Dendrobium secundum.

Morfologi Tanaman Bunga Anggrek

Tanaman Bunga Anggrek ini memiliki morfologi yang berbeda dengan tanaman lain. Meskipun strukturnya tetaplah sama bunga, buah, daun, batang dan akar. Yuk langsung saja kita simak apa saja morfologi tanaman Bunga Anggrek.

  • Bunga

Bunga Anggrek memiliki varian warna dan bentuk yang sangat banyak. Masing-masing merupakan dari spesies yang berbeda. Namun semuanya memiliki kesamaan dari struktur bunganya.

Pada umumnya, Bunga Anggrek merupakan gabungan dari kelopak (sepal), Mahkota (petal), Benang sari (stamen), Putik (pistil), dan Calon buah (ovarium). Kelopak Bunga Anggrek biasanya hanya ada tiga buah saja.

  • Daun

Selain warna dan bentuk bunganya yang bervariasi, daunnya pun sangat bervariasi. Sebagian ada yang bulat melonjong, memanjang, bulat seperti telur tapi terbalik, dan banyak lagi.

Daun Anggrek tidak memiliki tangkai, warnanya ada yang hijau, hijau tua, kekuningan ada juga yang bercak. Untuk jenis Tanaman Anggrek ini terbagi menjadi dua tipe daun. Yaitu:

-Daun Evergreen (daun yang tidak gugur bersamaan)

-Daun Decides (daun yang gugur bersamaan)

  • Batang

Batang Tanaman Anggrek berfungsi menyimpan cadangan air dan juga makanan untuk menghindari dehidrasi. Tanaman Anggrek terbagi menjadi dua tipe yaitu:

-Monopodial, batang tunggal dan hanya terdapat satu titik tumbuh

-Simpodial, batang berumbi yang memiliki ruas tahunan

  • Akar

Tanaman Anggrek memiliki akar yang silindris dan lunak, rapuh, pada ujungnya meruncing sedikit lengket dan licin jika dipegang. Akar muda berwarna putih keabuan dan berubah kecoklatan saat mulai tua.

Itulah tadi Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek. Semoga bermanfaat, dan terus pantau artikel selanjutnya ya.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Bayam

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test