Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Khasiat dan manfaat Sehat Buah dan Daun Sirsak

Khasiat dan manfaat Sehat Buah dan Daun Sirsak – Sirsak atau dengan nama latin Annona Muricata L adalah salah satu tumbuhan buah yang berasal dari Karibia. Buah yang berwarna hijau dengan warna daging buah putih dengan tekstur agak berserat dan memiliki rasa yang segar ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Untitled

Selain buahnya yang enak juga memiliki kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti vitamin C yang bermanfaat menjaga kekebalan tubuh dan mencegah sariawan. Tapi, tahukan kamu selain buahnya bagian daun sirsak juga ternyata memiliki banyak khasiat.

Para ahli kesehatan telah banyak meneliti tentang kandungan pada daun sirsak. Daun sirsak dapat memerangi sel- sel kanker. Karena daun sirsak memiliki kandungan gizi Annohexocina, Annomuricina A, B, C dan E, Annopentocinas A, B dan Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A dan C, Javoricine, Anonaine, Anoniine, Atherospermine, Coreximine, Asam Gentisic, Asam Lignoceric, dan asam stearat.

Penggunaan daun sirsak untuk pencegahan dan pengobatan penyakit kanker telah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin maka penyakit kanker tersebut akan berkurang.

Selain untuk kesehatan, daun sirsak juga dapat dijadikan scrub lulur alami untuk kulit tubuh. Caranya adalah dengan menghaluskan daun sirsak dan aplikasikan pada tubuh secara merata dengan menggosokannya secara perlahan. Butiran kasar dari daun sirsak dapat mengangkat sel- sel kulit mati sehingga kulit akan menjadi lebih cerah. Kandungan yang ada pada daun sirsak juga bermanfaat untuk regenerasi sel- sel kulit yang baru.

Adapun cara memanfaatkan daun sirsak :

Untuk ramuan kesehatan, daun sirsak yang diambil dibersihkan dengan air mengalir agar getah dan kuman yang ada pada daun akan hilang dan daun bersih untuk dikonsumsi. Kemudian rebus daun sirsak dengan air hingga daun menjadi layu dan warna air menjadi kecoklatan. Minum rebusan daun sirsak seminggu 2 kali dan jangan mengkonsumsi terlalu berlebihan dan disertai dengan banyak meminum air putih.

Sedangkan untuk kecantikan, daun sirsak yang telah dibersihkan dari getahnya dengan air mengalir dihaluskan dengan cara diblender atau dipotong menjadi bagian- bagian yang lebih kecil lalu dioleskan ke seluruh tubuh secara merata sambil menggosokannya secara perlahan. Setelah selesai diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Selamat Mencoba !!

Baca Juga : Rahasia Kecantikan Alami dengan Buah Jambu

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme