Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Alquran

Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Alquran – Alquran merupakan kitab suci bagi umat islam, dimana didalamnya terdapat tata aturan kehidupan manusia.

Seorang muslim sudah seharusnya membaca Alquran setiap hari sebagai suatu kebutuhan.

Telah dijelaskan pula bahwa membaca alquran memiliki keutaamaan dan keistimewaan diatas zikir maupun doa lainnya. Berikut ini akan kami jelaskan lebih lanjut mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Alquran.

Membaca Alquran memiliki keistimewaan dan keutamaan diatas doa maupun zikir lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan macam-macam Surga dan Neraka

Dijelaskan oleh Imam Nawawi bahwa Alquran merupakan zikir paling utama, dengan disertai tadabbur atau merenungi kandungan bacaan serta berusaha mengamalkannya.

Meski seringkali kita mengalami kesulitan dalam memahami kandungan ayat dalam alquran, namun adab atau tata cara dalam membaca alquran juga akan membantu seseorang lebih dekat dengan Alquran.

Selain sebagai zikir utama, telah dijelaskan pula dalam Alquran dan Hadits bahwa Alquran memiliki beberapa keistimewaan, keistimewaan tersebut antara lain :

  1. Allah akan melipatgandakan pahala sepuluh kali lipat lebih banyak bagi orang yang membaca Alquran.

Dijelaskan dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Masud RA. Seseorang yang membaca satu huruf Alquran akan mendapatkan kebaikan yang dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali.

  1. Meningkatkan derajat dan wibawa lebih baik

Dengan membaca Alquran seseorang akan terlihat penuh wibawa dan semakin bercahaya. Seperti halnya dalam hadits yang berbunyi :

“Orang yang hebat dalam membaca alquran akan senantiasa ditemani oleh malaikat yang paling dimuliakan serta yang paling taat pada Allah, sementara orang-orang yang masih terbata dalam membaca Alquran, tapi bersusah payah mempelajarinya, maka ia akan mendapat dua kali pahala” (HR. Bukhari)

  1. Memperoleh Rahmat Serta Lindungan Dari Malaikat.

Membaca Alquran dengan hati yang penuh kesabaran dan ketenangan akan mendapatkan rahmat dari Allah serta mendapat perlindungan oleh para malaikat atas segala kemungkaran baik yang terlihat maupun tidak terlihat.

  1. Memberi Syafaat Saat Hari Kiamat

Membaca Alquran dapat mendatangkan kemuliaan serta kebaikan yang tidak pernah terbayang dan terjangkau oleh akal manusia. Salah satu kemuliaan besar dari membaca Alquran adalah mendapat syafaat saat hari kiamat tiba, seperti pada hadits berikut :

“Bacalah setiap bait Alquran, karena sesungguhnya saat hari kiamat akan datang syafaat baik bagi mereka yang membacanya”(HR Muslim)

  1. Menentramkan hati

Membaca alquran dapat membuat pikiran, batin serta hati menjadi lebih tenang dan tentram. Membaca Alquran akan meningkatkan rasa cinta pada Allah SWT, Nabi dan Rasul juga para malaikat.

  1. Selamat dunia dan akhirat

Ibadah yang paling berkah serta istimewa adalah membaca, memahami dan mengamalkan Alquran. Rajin membaca alquran dengan hati tulus ikhlas akan dapat menyelamatkan diri dari segala bentuk kejahatan selama di dunia maupun di akhirat.

  1. Menyembuhkan dari beberapa penyakit tubuh

Dengan terbiasa membaca Alquran, maka Allah SWT akan melindungi diri dari beberapa jenis penyakit. Seperti hadits yang berbunyi :

“Hendaknya kamu menggunakan beberapa obat-obatan, seperti madu dan juga membaca Alquran”

  1. Menyembuhkan penyakit hati

Penyakit hati yang dimaksud seperti dengki, ghibah, dendam, iri dan lainnya. Sebuah hadits menunjukkan bahwa dengan membaca Alquran, beberapa jenis penyakit hati akan hilang.

“Sesungguhnya hati dapat berkarat selayaknya besi yang berkarat karena air. ‘Lalu bagaimanakah agar hati tidak berkarat?’ Tanya para sahabat, dan Rasulullah menjawab Percayalah, dengan membaca Alquran”

Itulah penjelasan mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Alquran. Semoga informasi ini dapat meningkatkan ketaqwaan kita untuk terus membaca, mengkaji, dan mengamalkan Alquran setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis-Jenis Tauhid


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test