Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Keuntungan dan Kerugian Letak geografis Negara Kita Indonesia

Keuntungan dan Kerugian Letak Geografis Indonesia – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari keuntungan dan kerugian letak geografis Negara Indonesia.

Namun sebelum mempelajari keuntungan dan kerugiannya, kita akan mempelajari pengertian dari letak geografis terlebih dahulu.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian Letak Geografis

Letak geografis merupakan letak suatu daerah yang dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi suatu daerah tersebut pada bola bumi jika dibandingkan dengan posisi daerah lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Story Telling

Umumnya letak geografis ditentukan dari segi astronomis, geologis, fisiologis, dan sosial budaya.

Letak Geografis Negara Indonesia

Letak geografis Indonesia berada diantara 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan, sehingga sangatlah menguntungkan sebab hampir seluruh wilayah Indonesia berada di tengah-tengah garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua, dan dua samudra.

Dari segi letak, Indonesia memiliki berbagai macam keunggulan yang sangat berharga bagi pembangunan Negara.

Keuntungan Letak Geografis Negara Indonesia

Berikut beberapa keuntungan letak geografis negara Indonesia.

  • Letak wilayah Indonesia berada di perbatasan antara dua benua yaitu Asia dan Afrika, sehingga memeberikan akses yang luas bagi Indonesia untuk menjalin hubungan baik dengan Negara-negara yang ada di benua Asia dan Australia.
  • Negara Indonesia terdiri atas ribuan pulau-pulau, sehingga membuat Indonesia kaya akan kebudayaan. Sebab Indonesia terdiri atas berbagai suku, budaya, dan sejarah. Selain itu, Indonesia juga kaya akan bentukan yang terbentuk secara alami seperti pantai, danau, gunung, hingga lembah.
  • Laut yang luas dan garis pantai yang sangat panjang, membuat Indonesia menyimpan serta memiliki biota laut yang beranekaragam. Biota laut tersebut antara lain ikan, karang, dan bahan tabang berupa batu bara atau minyak bumi. Baik biota laut ataupun bahan tambang, keduanya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan devisa Negara.
  • Karena hampir seluruh wilayah Indonesia berada di kawasan beriklim tropis, membuat Indonesia bukan hanya kaya akan biota laut saja melainkan kaya akan hasil hutan. Karena lebih dari separuh mahkluk hidup yang ada di bumi dapat ditemukan di hutan-hutan Indonesia.
  • Tanah Indonesia sangatlah subur, sehingga membuat Indonesia cocok untuk dijadikan lahan pertanian dan menghasilkan banyak jenis pertanian.
  • Karena wilayah hutan di Indonesia sangatlah luas dan banyak, membuat Indonesia diibaratkan sebagai paru-paru dunia.

Kerugian Letak Geografis Negara Indonesia

Berikut beberapa kerugian letak geografis Negara Indonesia :

  • Banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia, sehingga budaya lokal tergusur dan ditinggalkan.
  • Banyak prilaku-prilaku dari orang luar yang diikuti oleh masyarakat Indonesia, paahal prilaku-prilaku tersebut tidak sesuai dengan norma-norma Indonesia.
  • Karena hampir sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan, maka lahan yang digunakan sebagai tempat tinggal semakin padat dan jalan-jalan semakin padat bahkan macet karena banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi.
  • Alat transportasi tradisional yang tidak menimbulkan polusi semakin tersingkirkan, sebab banyak digantikan oleh alat transportasi bermotor yang menimbulkan polusi.
  • Sering terjadi bencana alam baik tanah longsor, banjir, hingga gempa bumi.
  • Banyaknya eksplorasi besar-besaran yang dapat merusak lingkungan.

Baca Juga : Penemuan Batu Buaya di Mexico

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme