Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis Penyerbukan Bunga Asoka

Jenis Penyerbukan Bunga Asoka – Bunga asoka atau soka seringkali disebut oleh anak-anak sebagai bunga madu. Hal ini dikarenakan ketika mekar, bunga asoka memiliki nektar atau cairan manis seperti madu yang memang diproduksi oleh bunga tersebut sebagai tujuan untuk menarik hewan penyerbuk.

Bunga asoka sangat mudah ditemui keberadaannya dilingkungan sekitar atau beberapa pekarangan rumah. Ketika sedang musim berbunga, ada sebagian orang yang menunggu bunga asoka mekar hanya untuk mencicipi nektar yang ada di bunga asoka tersebut.

Bahkan hewan polinator seperti kupu-kupu dan lebah pun sangat banyak menghampiri bunga asoka ketika mekar. Saat keduanya hinggap di bunga asoka tersebutlah proses penyerbukan terjadi.

Proses penyerbukan adalah menempelnya serbuk sari di kepala putik. Pada proses penyerbukan ini, serbuk dari dapat mencapai kepala putik baik secara alami ataupun dengan bantuan manusia. Bila terjadi secara alami, serbuk sari mencapai kepala putik dengan perantara angin, air dan hewan. Perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan inilah yang disebut polinator. Jenis-jenis penyerbukan pada bunga asoka diantaranya:

  1. Penyerbukan dengan perantara hewan polinator seperti kupu-kupu dan lebah. Ini dimulai ketika bunga asoka berada dalam kondisi mekar. Semakin lama pembungaan bunga asoka sempurna maka bunga ini akan menghasilkan sebuah cairan bening atau nektar yang membuat hewan polinator hinggap dan menghampiri bunga asoka ini. ketika hewan polinator hinggap untuk mengambil cairan nektar, benang sari yang mencuat diantara kelopak bunga asoka tersentuh oleh hewan ini. Oleh karena serbuk sari dihasilkan oleh benang sari maka serbuk sari akan dengan mudah tersebar. Saat jatuh di putik bunga asoka pada kondisi yang tepat maka bunga asoka akan mengalami pembuahan.
  2. Perbanyakan bunga asoka dengan biji. Perbanyakan dengan biji merupakan tahapan lanjutan ketika pembuahan dari proses penyerbukan serbuk sari dan putik berhasil. Cara perkembangbiakan dengan biji pertama perlu menyiapkan biji dari hasil pembuahan bunga asoka sebelumnya. Lalu memilih lahan untuk menanam biji tersebut. Kemudian tanam biji bunga asoka yang sudah dikecambahkan dengan merendamnya di air kurang lebih selama 24 jam. Setelah itu tinggal melakukan kegiatan perawatan seperti penyiraman, penyiangan dan pemupukan.
  3. Perbanyakan bunga asoka dengan teknik stek. Pada bunga asoka bahan stek yang digunakan biasanya adalah bagian batangnya. Dimulai dengan memilih batang yang tidak terlalu muda atau tua dan dipotong menjadi beberapa bagian. Lalu rendam bahan stek bunga asoka tersebut dalam larutan hormon pertumbuhan setelah itu kita tinggal menanamnya.
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test