Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis-jenis dan Fungsi Saraf Kranial

Jenis-jenis dan Fungsi Saraf Kranial – Saraf merupakan sebuah sistem yang membantu tubuh manusia dapat merasakan semua panca indera.

Saraf kranial merupakan sebutan untuk 12 pasang saraf yang ada pada tubuh manusia.

Saraf kranial muncuat langsung dari otak manusia dan masih merupakan bagian dari sistem saraf tepi yang letaknya berdekatan dengan sistem saraf pusat (SSP). Berikut penjelasan lengkapnya mengenai Saraf Kranial.

Jenis-jenis dan Fungsi Saraf Kranial

Saraf Kranial tergolong bagian sistem saraf sadar dengan 12 pasang saraf yang terdiri dari 3 pasang saraf jenis sensorik, 5 pasang saraf jenis motorik, dan 4 pasang saraf jenis gabungan.

Masing-masing dari saraf kranial ini memiliki fungsi yang beragam berdasarkan asalnya.

Nomor Nama Jenis Penjelasan dan Fungsi
I Olfaktorius Sensorik Berasal dari Epithelium olfaktori mukosa nasal dan memiliki inti penciuman anterior. Membantu dalam pengiriman indera penciuman

Berfungsi untuk menerima rangsang yang berasal dari hidung serta meneruskannya pada otak agar diproses sebagai sensasi bau.

II Optik Sensorik Membawa rangsangan (impuls) dari sel kerucut dan sel batang pada retina untuk dibawa menuju badan sel akson yang bertugas membentuk saraf optik pada bola mata. Kemudian, masing-masing saraf optik yang keluar pada bintik buta akan masuk menuju rongga kranial melalui foramen optik.

Fungsinya untuk menerima rangsang pada mata dan meneruskannya pada otak agar diproses sebagai penglihatan atau persepsi visual.

III Okulomotor Motorik Merupakan saraf gabungan antara saraf sensorik dan motorik, meski lebih didominasi oleh saraf motorik. Neuron motorik yang berasal dari otak tengah akan mempawa impuls ke seluruh otot mata, ke otot polos tertentu pada mata dan ke otot yang membuka mata. Semetara itu erabut sensorik bertugas untuk membawa informasi mengenai indera otot dari otot mata yang terineversi ke otak

Fungsinya untuk menggerakkan sebagian besar otot mata.

IV Troklearis Motorik Merupakan saraf gabungan, meski lebih didominasi oleh saraf motorik. Saraf ini merupakan saraf paling kecil dalam saraf kranial. Neuron motorik membawa impuls menuju otot oblik superior pada bola mata, lalu serabut sensorik akan menyampaikan informasi indera otot pada otak.

Fungsinya untuk menggerakan beberapa bagian otot mata

V Trigeminus Gabungan Merupakan saraf gabungan dengan cranial paling besar yang membentuk saraf sensorik utama pada sebagian besar wajah, rongga nasal dan rongga oral.

Fungsi Sensorik : Menerima rangsangan yang berasal dari wajah kemudian diproses di otak sebagai sentuhan

Fungsi Motorik : Menggerakkan rahang

VI Abdusen Motorik Merupakan saraf gabungan, meski lebih didominasi oleh saraf motorik. Neuron motorik yang berasal dari nucleus pada pons akan menginervasi otot rektus lateral mata, lalu serabut sensorik  akan membawa pesan proprioseptif dari otot rektus lateral ke pons.

Fungsinya untuk melakukan gerakan abduksi pada mata

VII Fasialis Gabungan Merupakan saraf gabungan dengan neuron motorik yang menginversi otot ekspresi wajah, dan neuron sensorik yang bertugas membawa informasi dari reseptor pengecap.

Fungsi Sensorik : Menerima rangsang yang berasal dari bagian anterior lidah agar diproses oleh otak sebagai persepsi rasa

Fungsi Motorik : Mengendalikan otot pada wajah sehingga menciptakan ekspresi wajah

VIII Vestibulokoklearis Sensorik Memiliki dua cabang yaitu cabang koklear dan cabang vestibular.

Memiki dua fungsi utama yaitu :

·         Mengendalikan keseimbangan pada tubuh (Sensoriks sistem vestibular)

·         Menerima rangsang agar  diproses oleh otak sebagai suara

IX Glosofaringeus Gabungan Merupakan saraf gabungan dengan neuron motorik yang menginversi otot untuk wicara, menelan dan kelenjar saliva parotid. Sementara itu, neuron sensorik bertugas membawa informasi berkaitan dengan rasa dan sensasi umum pada faring maupun laring.

Fungsi Sensorik: Menerima rangsang yang berasal dari bagian posterior lidah agar diproses oleh otak sebagai sensasi rasa

Fungsi Motorik: Mengendalikan organ-organ dalam

X Vagus Gabungan Neuron motorik berasal dari dalam medulla dan menginversi hampir seluruh organ toraks dan abdomen. Sementara neuron sensorik bertugas membawa informasi dari faring, laring, trakea, jantung, esophagus dan visera abdomen menuju medulla dan spons.

Fungsi Sensorik: Menerima rangsang yang berasal dari organ dalam

Fungsi Motorik: Mengendalikan organ-organ dalam

XI Aksesorius Motorik Merupakan saraf gabungan, meski lebih di dominasi oleh serabut motorik.

Fungsinya untuk mengendalikan gerakan pada kepala

XII Hipoglossus Motorik Merupakan saraf gabungan, meski lebih didominasi oleh saraf motorik. Neuron motorik berasal dari medulla dan bertugas menyuplai otot lidah. Sementara Neuron Sensorik bertugas membawa informasi dari spindle otot pada lidah.

Fungsinya untuk mengendalikan pergerakan lidah.

Itulah penjelasan mengenai Jenis-jenis dan Fungsi Saraf Kranial. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai sistem saraf pada manusia. Semoga bermanfaat

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test