Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis dan Macam Bahan Pangan

Jenis dan Macam Bahan Pangan – Kegiatan makan ialah kegiatan yang rutin dilakukan manusia setiap harinya minimal sebanyak 3 kali sehari.

Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi nutrisi pada tubuh, menjadi sumber energi bagi manusia untuk menjalankan aktivitas serta menjadi komponen utama dalam pertumbuhan tubuh.

Terdapat bermacam-macam jenis makanan mulai dari makanan bercita rasa Barat seperti hamburger, steak dan sandwich; makanan bercita rasa Indonesia, seperti nasi uduk, nasi goreng dan bakso; atau makanan bercita rasa Timur, seperti nasi kebuli, roti Maryam, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri mayoritas masyarakatnya menjadikan nasi sebagai karbohidrat utama dalam susunan bahan pangan, berbeda dengan orang Barat yang menjadikan roti sebagai komponen utama dalam bahan pangan.

Jika dilihat lebih lanjut, ada dua jenis bahan pangan di dunia, yaitu bahan pangan nabati dan bahan pangan hewani.

Apa itu bahan makan nabati dan bahan pangan hewani? Apa saja contohnya? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini!

Bahan Pangan Nabati

Kata ‘nabati’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki artian sesuatu yang berasal dari tumbuhan atau tanaman.

Secara garis besar, bahan pangan nabati ialah bahan pangan yang berasal dari tanaman atau tumbuhan, baik yang tidak diolah maupun yang telah diolah.

Sumber bahan pangan nabati dapat berasal dari bagian bunga, akar, daun, batang, biji, umbi ataupun buah dari tanaman tersebut.

Untuk memperoleh bahan pangan ini dapat didapatkan langsung dari alam maupun dibudidayakan.

Bahan pangan nabati ini kaya akan zat karbohidrat, protein, vitamin dan lemak yang baik bagi perkembangan dan metabolisme tubuh.

Macam-macam bahan pangan nabati ini dapat dibagi menjadi dua, yakni yang berasal dari tanaman dan olahan.

  • Berasal dari Tanaman Langsung

Bahan pangan yang berasal dari tanaman langsung ialah bahan pangan yang tidak perlu diolah menjadi varian makanan lain untuk dapat dimakan.

Contohnya buah-buahan yang dimakan langsung, sayur-sayuran sebagai lalapan ataupun kacang-kacangan yang langsung dapat dimakan.

  • Bahan Pangan Nabati Olahan

Dengan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju, terdapat banyak cara untuk mengolah bahan pangan mentah menjadi makanan yang tahan lama, bercitarasa lezat dan juga bernilai jual tinggi.

Contohnya manisan buah-buahan, salad yang terdiri dari beragam sayur-sayuran dan buah-buahan ataupun sari dari apel yang difermentasi.

Bahan Pangan Hewani

Bahan pangan hewani ialah segal macam bahan pangan yang bersumber dari hewan, baik produk dari hewan ataupun olahan dari hewan.

Hewan yang dijadikan bahan pangan pun dapat berasal dari binatang liar, binatang ternak, binatang yang hidup di air laut, tawar maupun payau.

Kekurangan dari bahan pangan hewani ini ialah lebih tidak tahan lama dibandingkan dengan bahan pangan nabati.

Seperti bahan pangan nabati, bahan pangan hewani dapat dibagi menjadi dua, yakni yang berasal langsung dari hewani dan olahan bahan pangan hewani.

  • Berasal dari Hewan Langsung

Di beberapa negara di dunia terdapat jenis-jenis makanan yang berasal langsung dari hewan tanpa mengalami pengolahan untuk mendapatkan tingkat kematangan tertentu.

Di Jepang, terdapat makanan sushi yang berasal dari nasi yang telah diberi bumbu seperti cuka, gula dan garam serta hasil laut mentah yang dapat langsung dikonsumsi. Jepang merupakan negara yang memiliki hasil laut yang sangat baik di kancah internasional.

Cuka dan wasabi pada sushi mampu membunuh bakteri yang menempel pada ikan atau hasil laut segar.

Di Indonesia juga memiliki bahan pangan hewani yang dapat langsung dikonsumsi, tepatnya di Papua.

Masyarakat Papua percaya bahwa mengonsumsi ulat sagu hidup-hidup dapat meningkatkan stamina pada tubuh.

Ulat sagu sendiri hidup di batang sagu yang telah mati dan akan membusuk.

  • Olahan Bahan Pangan Hewani

Yoghurt, keju, es krim maupun sarden merupakan makanan olahan dari bahan pangan hewani.

Pengolahan ini dimaksudkan untuk memperpanjang masa tahan bahan pangan dan menambah cita rasa pada makanan.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Dilakukan Impor dan Ekspor

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test