Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis Dan Fungsi Baterai

Jenis Dan Fungsi Baterai – Dari kita kecil, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama baterai. Benda tersebut banyak kita jumpai pada alat-alat elektronik yang kita miliki.

Jenis Dan Fungsi Baterai

Jenis Dan Fungsi Baterai

Sebut saja jam dinding, remot tv, radio, telfon genggam, dan lain sebagainya tidak akan bekerja jika tidak ada baterai yang membantunya.

Baca Juga : Prosedur Elektrokardiograf

Dengan adanya baterai justru sangat mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas sehari – harinya dengan menggunakan media elektronik yang dimiliki. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui pembahasan yang lebih mendalam mengenai baterai:

Pengertian Baterai

Sebelum mengenal lebih jauh tentang baterai, ada baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu:

Pengertian Baterai adalah benda yang dapat menyimpan energi kimia yang kemudian dirubahnya menjadi energi listrik pada suatu alat elektronik agar bisa bekerja secara optimal.

Jenis Baterai

Ketika kita memiliki suatu alat elektronik, maka yang perlu diperhatikan adalah baterai jenis apa yang cocok digunakan untuk alat tersebut, agar dapat bekerja dengan seharusnya. Berikut adalah jenis-jenis baterai:

  1. Baterai primer

Baterai primer merupakan baterai yang dapat digunakan hanya 1 kali pakai saja untuk suatu alat elektronik. Biasanya jenis baterai ini lebih banyak dijual dipasaran dengan harga yang lebih murah di banding jenis baterai jenis lain. Jenis-jenis baterai primer ialah: zinc-carbon, alkali, lithium, silver oxide. Biasanya baterai jenis ini digunakan untuk jam tangan, jam dinding, remote control, dan lain sebagainya.

  1. Baterai sekunder

Tentunya kebalikan dari baterai primer, baterai sekunder ini dapat digunakan berkali-kali karena bisa di isi ulang. Jenis-jenis dari baterai sekunder ialah: Ni-Cd, Ni-MH, Li-ion. Biasanya baterai jenis ini digunakan untuk telfon genggan, mp4, sepeda listrik, dan lain sebagainya

Fungsi Baterai

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa kebanyakan dari alat elektronik yang bersifat mobile membutuhkan energi dari sebuah baterai. Sehingga baterai berfungsi agar suatu alat elektronik dapat bekerja, dan dapat membantu pekerjaan-pekerjaan manusia.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, jenis, dan fungsi baterai. Semoga bagi kita yang telah membaca dan memahaminya dapat mengambil manfaatnya.

Baca Juga : Prinsip Kerja Voltmeter

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test