Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis dan Bentuk Pemerintahan Negara di Dunia

Jenis dan bentuk pemerintahan negara di dunia adalah suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu rangkaian institusi politik yang diperlukan pada suatu  negara sebagai pencerminan atas kekuasaan negara tersebut pada suatu komunitas politik.

Bentuk-bentuk jenis pemerintahan di dunia yang ada saat ini, beberapa adalah sebagai berikut :

Aristokrasi

Aristokrasi asal katanya  bersumber dari Bahasa Yunani Kuno. Aristo mempunyai arti terbaik dan Kratia yang mempunyai arti untuk memimpin.

Baca Juga : Pengertian, Unsur dan Faktor-faktor Pembentuk Bangsa

Kesimpulan dari pengertian tersebut adalah suatu sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang individu yang terbaik. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Yunani.

Oligarki

Oligarki merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana kekuasaan politik yang dimiliki secara efektif dikuasakan oleh sekelompok kaum elit minoritas  berasal dari kalangan masyarakat.

Pembedaan kaum elit ini dapat dibagi berdasarkan  kekayaan, keluarga, atau militer. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Rusia.

Demokrasi

Demokrasi merupakan perwujudan suatu bentuk  sistem pemerintahan yang terdapat didalam suatu negara berkuasa.

Fungsinya sebagai perwujudan atas suatu kedaulatan rakyat di negara tersebut, yang harus  dijalankan oleh pemerintah yang berkuasa.

Salah satu struktur landasan didalam sistem demokrasi adalah prinsip Trias Politica yang sistimnya  membagi suatu  politik negara menjadi tiga bentuk  lembaga pemerintahan yaitu: legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Hal ini dimaksudkan sebagai perwujudan dari tiga jenis lembaga negara yang sifatnya berdiri sendiri tetapi tetap mempunyai  peringkat yang sejajar antara satu dengan yang lainnya.

Kesetaraan atas ketiga jenis lembaga negara tersebut sangat diperlukan untuk tetap menjaga  ketiga lembaga tersebut dapat bekerjasama untuk saling mengawasi dan saling mengontrol sesuai dengan prinsip check and balances.

Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Indonesia dan Amerika Serikat

Otokrasi

Otokrasi bersumber dari Bahasa Yunani,  Autokrator, mempunyai arti penguasa tunggal.

Otokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana kekuasaan politiknya dipegang mutlak oleh satu orang penguasa yang mempunyai pengaruh terhadap negara tersebut.

Contoh negara yang mempercayai bentuk pemerintahan Otokrasi pada negaranya adalah Jerman pada masa kekuasaan Adolf Hitler.

Monarki

Monarki merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap  suatu pendirian, pemeliharaan, atau pengembalian sistem kerajaan sebagai sebuah bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang berkuasa.

Jenis Monarki

  • Monarki Mutlak atau biasa disebut dengan Monarki Absolut merupakan suatu bentuk monarki dengan suatu prinsip kekuasaan mutlak yang menyatakan bahwa seorang raja mempunyai hak dan kuasa penuh didalam pemerintahan negara tersebut. Perbedaannya dengan sistem Monarki Konstitusional, kekuasaan Perdana Menteri hanya memainkan peranannya secara simbolis didalam tampuk pemerintahan negara tersebut. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Arab Saudi, Brunei Darussalam.
  • Monarki konstitusional merupakan suatu sejenis monarki yang berdirinya adalah di bawah sistem kekuasaan konstitusional yang mengakui Raja, Ratu, atau Kaisar sebagai kepala negara yang berkuasa terhadap negara tersebut. Monarki konstitusional dalam bentuk suatu pemerintahan modern biasanya menggunakan konsep Trias Politica, atau politik tiga serangkai. Pengertian tersebut mempunyai hirarki bahwa raja adalah sebagai pimpinan secara simbolis dari suatu cabang eksekutif didalam pemerintahan yang berdiri. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Denmark, Inggris.

Emirat

Emirat merupakan suatu wilayah kenegaraan yang pimpinan kekuasaannya dipegang oleh seorang Emir. Contoh adalah Uni Emirat Arab yang memiliki tujuh emirat federal dimana masing-masing pemerintahannya dikuasakan oleh seorang Emir.

Plutokrasi

Plutokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang mempunyai prinsip bahwa suatu pemerintahan dilihat berdasarkan dari jumlah kekayaan yang dimiliki.

Didalam sepanjang sejarah, tercatat bahwa keterlibatan kaum hartawan didalam suatu politik negara yang berkuasa berawal dari kota Yunani, dan kemudian diikuti oleh wilayah kekuasaan Genova Italia.

Baca Juga : Pengertian, Syarat, dan Macam Yurisprudensi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test