Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Jalankan Strategi ini untuk Tetapkan Harga Jual Produk

Jalankan Strategi ini untuk Tetapkan Harga Jual Produk – Saat berbisnis, harga merupakan sebuah faktor yang sangat penting. Hal ini dikarenakan harga akan menentukan sebuah penjualan dari produk yang Anda miliki.

Untitled

Konsumen yang berada di Indonesia, seringnya terpikat pada harga yang relatif murah. Harga murah ini juga menjadi sebuah jebakan untuk konsumen, alhasil mereka memilih produk yang jauh dari kualitas baik. Di dalam menentukan harga jual dari sebuah produk, Anda harus mempertimbangkan berbagai macam faktor.

Harga yang Anda beri ke konsumen harus rasional serta reasonable. Jangan sampai Anda memasang harga sangat rendah. Tindakan yang satu ini justru membuat Anda mengalami kerugian. Anda juga tidak boleh memasang harga yang terlampau tinggi, harga tinggi ini nanti malah akan memberatkan konsumen Anda.

Tetapkan harga sesuai dengan kualitas biaya hingga produk yang Anda keluarkan. Untuk membuat produk ini, berikut strategi untuk menetapkan harga jual dari produk.

Beban yang di tanggung untuk membuat sebuah produk

Ketika menentukan harga jual dari sebuah produk, Anda lebih baik memperhitungkan beberapa biaya yang nantinya harus Anda keluarkan untuk menciptakan produk tersebut. Biaya ini mencangkup seperti bahan, alat produksi, biaya promosi, hingga biaya lain untuk proses produksi.

Bila harga sama atau bahkan lebih rendah, di sini Anda tidak akan mendapat keuntungan sedikitpun. Karena sudah bersusah payah untuk menghasilkan sebuah produk, tentunya Anda harus memperoleh imbalan untuk hal ini,

Profit yang di inginkan

Setelah Anda mengetahui total dari biaya produksi yang harus Anda tanggung di setiap produk, sekarang sudah saatnya untuk menentukan rasio keuntungan artinya berapa persen keuntungan yang nantinya Anda dapatkan. Sebagai seorang produsen, Anda memiliki kesempatan untuk memperoleh profit yang besar, namun jumlah profit ini haruslah wajar.

Apabila profit Anda terlalu tinggi, konsumen tidak akan berminat ke produk yang Anda jual. Harga memang bisa menjadi sebuah hal yang sangat sensitif untuk konsumen, sebagai sifat manusia, mereka selalu menginginkan harga yang murah, akan tetapi produk yang diberikan berkualitas,

Perhatikan para pesaing

Bisnis tanpa persaingan? Sepertinya tidak ada, pasti selain Anda ada banyak sekali pebisnis lain yang juga menjual produk yang sejenis. Seringnya kompetitor ini akan merebut pelanggan Anda dengan memberikan harga yang jauh lebih murah ke konsumen. Mereka tidak segan-segan memberi harga murah sebagai strategi memenangkan persaingan di dalam bisnis.

Berikut berbagai macam strategi harga yang dapat Anda jalankan, antara lain:

Harga netral. Strategi harga ini sangat sering digunakan oleh banyak pebisnis. Harga netral ini dapat Anda terapkan bila Anda telah yakin jika kualitas ataupun fitur yang Anda berikan kualitasnya belum bisa tersaingi oleh pebisnis manapun,

Harga penetrasi. Harga ini mempunyai sifat yang jauh lebih agresif. Harga ini dapat digunakan apabila kompetitor sudah sangat ketat. Penetapan harga ini dapat Anda lakukan, bahkan bisa memunculkan sebuah perang harga,

Harga skimming. Harga ini ialah kebalikan dari adanya harga penetrasi. Untuk harga ini Anda dapat mengupayakan agar para pelanggan bersedia untuk membayar produk dengan harga yang lebih ketika peluncuran produk yang baru maupun produksi disudahi,

Value based. Strategi harga ini cenderung lebih unik. Untuk harga yang satu ini lebih melihat ke berapa harga yang ingin mereka bayarkan untuk memperoleh produk maupun jasa yang kita miliki.

Baca Juga : Usaha Sampingan yang Cocok untuk Karyawan Dengan Gaji Kecil

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme