Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Identitas Nasional

Identitas Nasional – Beberapa diantara kalian mungkin tidak asing dengan Identitas Nasional. Namun apakah kalian sudah mengerti dan memahami apa sebenar nya Identitas Nasional itu?

Kali ini kami akan membahas tentang Identitas Nasional. Sebagai kaum Milenial, kalian wajib mengerti dan memahami Pengertian Identitas Nasional negara kita tercinta ini.

Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki kepulauan yang sangat banyak dan beragam mulai dari Sabang hingga Merauke. Beragam suku bangsa ini lah yang menjadikan Indonesia memiliki sebuah identitas nasional yang bisa dibilang unik jika dibandingkan dengan negara lain.

Sebagai seorang warga negara yang baik dan peduli terhadap bangsa ini, maka kita harus mengetahui dan paham benar seperti apa kehidupan berbangsa dan bernegara itu. Sejatinya, seperti apa, serta harus tau juga mengetahui identitas nasional dari Bangsa Indonesia ini.

Generasi muda memiliki tanggung jawab lebih perihal apa saja yang terkait dengan hal-hal berkebangsaan ini. Karena dipundak mereka lah akan dipikul serta akan dibawa kemana negara Indonesia ini 10 atau 20 tahun kemudian.

Kata Identitas, memiliki arti, ciri-ciri, jati diri atau tanda-tanda yang ada pada Seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan orang lain. Contoh, bendera dan juga lagu kebangsaan setiap negara akan berbeda dengan negara lain. Sedangkan dalam Triminoligi Antropologi, Identitas merupakan sifat khas yang menjelaskan serta sesuai dengan diri sendiri, kelompok sendiri, golongan sendiri, komunitas sendiri atau bahkan negara sendiri.

Sedangkan Nasional adalah identitas yang menempel pada kelompok yang cakupannya jauh lebih besar serta diikat oleh kesamaan baik itu kesamaan fisik seperti bahasa, agama dan budaya. Atau juga kesamaan non fisik, yakni cita-cita, keinginan dan tujuan.

Identitas Nasional adalah suatu ciri khas yang dimiliki oleh setiap bangsa. Berdasarkan fisiologi yaitu yang membedakan suatu bangsa dengan bangsa yang lainnya.

Identitas Nasional dibentuk oleh suatu proses historis terdahulu dari bangsa tersebut. Fungsi dari Identitas Nasional adalah sebagai pembeda dengan bangsa lainnya, maka dapat diartikan juga bahwa setiap bangsa di seluruh dunia ini memiliki identitas nasional yang sudah pasti sangat berbeda-beda. Mulai dari keunikan, ciri-ciri, sifat hingga karakternya.

Lalu, apa saja ya Identitas Nasional menurut para ahli.

  1. Menurut Dean A. Mix dan Sandra M Hawley identitas nasional yaitu sebuah bangsa yang sudah memiliki suatu bangunan politik perihal ketentuan perbatasan pada suatu teritorial pemerintahan yang sudah sah berdasarkan undang-undang yang berlaku dan mendapatkan pengakuan dari bangsa lainnya.
  2. Menurut Koerniatmante identitas nasional menurut hukum yang mengatur mengenai kewarganegaraan suatu bangsa atau negara yaitu sebagai suatu konsekuesi langsung dari perkembangan nasionalisme pada bangsa tersebut.
  3. Menurut Joseph Ernest Renan bahwa nasionalisme ialah sekelompok individu yang ingin untuk bersatu dengan individu-individu yang lain dengan kemauan mereka karena merasa memiliki rasa senasib sepenanggungan.
  4. Menurut Otto Bauer mengatakan bahwa nasionalisme adalah kesatuan perasaan dan perangai yang timbul karena persatuan nasib. Contoh, negara-negara asia.
  5. Menurut Hans Kohn nasionalisme adalah kesetiaan tertinggi yang diberikan individu kepada negara dan bangsa.
  6. Menurut Louis Snyder mengemukakan bahwa nasionalisme adalah hasil faktor-faktor politis, ekonomi, sosial dan intelektual pada suatu taraf tertentu dalam sejarah.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test