Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Hukum Melayat Orang Yang Meninggal Dunia Dalam Pandangan Islam

Hukum Melayat Orang Yang Meninggal Dunia Dalam Pandangan Islam – Melayat memang sudah menjadi tradisi tidak hanya di Indonesia akan tetapi juga di berbagai belahan dunia. Melayat sebagai wujud bahwa penghormatan terakhir kita untuk orang-orang yang kita cintai.

Selain itu dengan kita melayat atau ta’ziah kita uga bisa menguatkan keluarga yang ditinggalkan sebagai tnda solidaritas sesame manusia.

Orang Indonesia terutama orang islam sangat menjaga tradisi melayat ini. Akan tetapi, bagaimanakah sebenarnya islam memandang tentang hukum melayat orang yang sudah meninggal tersebut? Berikut penjelasannya.

Melayat atau yang biasa disebut dengan ta’ziyah menurut bahasa artinya adalah sabar dalam menghadapi musibah kehilangan.

Maka tidak heran jika salah satu tujuan melayat adalah untuk menguatkan hati orang yang ditinggalkan orang yang meninggal tersebut supaya tetap tabah dan sabar dalam melanjutkan hidup.

Hukum melayat

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa ta’ziyah kepada orang yang sedang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti orang yang didapat orang tersebut,” (HR. At-Tirmidzi 2:268)

Dari hadits di atas dapat kita simpulkan bahwa melayat adalah diperbolehkan bahkan sangat dianjurkan. Bahkan Rasulullah sendiri pun juga melayat kepada orang non muslim dan orang kafir sebagai penghormatan kepada jenazah.

Adab melayat

Melayat pun ada aturannya. Saat melayat usahakan untuk tidak mencela jenazah bagaimanapun kondisi jenazah tersebut. Selain itu orang yang sudah meninggal juga harus segera di urus segala keperluannya seperti memandikan, mengkafani, menyolati dan juga menguburnya.

Hikmah melayat

  • Meringankan beban keluarga yang ditinggalkan mayit
  • Memotivasi keluarga agar tetap sabar dan tegar
  • Menghibur keluarga mayit
  • Mendoakan mayit
  • Mendapatkan pahala

Demikianlah ulasan tentang hukum melayat kepada orang yang sudah meninggal menurut pandangan islam. Sebagai makhluk sosial, sudah selayaknya kita untuk turut berduka jika ada saudara atau kerabat yang sedang kehilangan, dan salah satu cara untuk menunjukkannya adalah dengan datang melayat ke rumah orang yang meninggal tersebut supaya kita bisa ikut mendoakan dan memberikan semangat untuk keluarga yang ditinggalkan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test