Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Hormon paling dibutuhkan saat membentuk tubuh

Jenis Hormon paling dibutuhkan Tubuh – Setiap dari kita pasti pernah memiliki keinginan untuk memiliki tubuh yang ideal.

Entah itu bentuk tubuh yang berisi, langsing, ataupun kekar. Dan banyak cara pun dilakukan untuk dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal ini. Mulai dari diet sampai dengan berlatih di tempat kebugaran.

Namun tahukah kalian bahwa ada hormon yang dapat menentukan terbentuk atau tidaknya tubuh ideal kita?

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia adalah salah satu makhluk yang cukup kompleks. Mulai dari sifat- sifatnya yang beragam sampai dengan anatomi tubuhnya.

Baca Juga : 4 Manfaat Utama Teh hijau Bagi Kesehatan

Selalu diperlukan sebuah cabang ilmu khusus untuk dapat menjelaskan salah satu dari kekompleksan itu agar mudah dimengerti. Begitu juga dengan hormon insulin yang memiliki dampak besar jika kita ingin membentuk tubuh.

Jika kita ingin membentuk tubuh menjadi lebih kekar dan besar, mungkin salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah hormon insulin ini.

Karena hormon insulin adalah hormon yang membantuk pembentukan massa otot didalam tubuh. Itulah kenapa ketika kita menginkan bentuk tubuh yang ideal kita harus menjaga pola makan, pola olah raga, serta pola istirahat yang bermaksud untuk menjaga kadar insulin tersebut.

Insulin adalah hormon yang dibentuk oleh pankreas. Jika pankreas memproduksi banyak insulin maka massa otot juga akan semakin cepat membesar. Dan jika ada diantara kita sudah mengikuti prosedur untuk membentuk tubuh tapi tidak berhasil, mungkin salah satu alasannya adalah karena pankreas kita tidak memproduksi cukup insulin.

Fungsi utama dari hormon insulin adalah untuk membantu glukosa atau gula dalam darah masuk kedalam sel. Dan didalam sel inilah kemudian glukosa itu akan dibentuk menjadi cadangan energi dan tenaga kita. Itulah kenapa orang yang memiliki massa otot lebih besar biasanya lebih kuat dari pada orang yang memiliki massa otot yang lebih kecil.

Jika kita ingin meningkatkan sekresi Insulin, maka yang harus kita perhatikan diawal adalah waktu latihan kita. Baik sebelum latihan ataupun sesudah latihan.

Karena dengan bagitu kita menyiapkan fisik kita. Seperti misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Namun walaupun seperti itu, ternyata masih banyak yang mampertanyakan perlunya mengkonsumsi karbohidrat setelah latihan. Karena itu diyakini dapat meningkatkan jumlah lemak didalam tubuh.

Sebenarnya, kita membutuhkan karbohidrat dan juga nutrisi dalam bentuk asam amino selama latihan pembentukan tubuh. Dan makanan yang kita konsumsi setelah latihan berguna untuk pemulihan kembali kondisi tubuh.

Jadi, makan setelah latihan sebenarnya tidak akan mengubah makanan yang kita makan menjadi tumpukan lemak. Karena justeru karbohidrat yang kita konsumsi akan lebih membantu pembentukan massa otot lewat hormon insulin.

Itulah sekilas tentang hormon insulin yang merupakan hormon yang paling dibutuhkan saat kita membentuk tubuh.

Jika kalian memiliki pengetahuan tentang hormon lain atau fakta- fakta menarik lainnya tentang cara membentuk tubuh, mari kita berbagi di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Apakah Kita Bisa Hidup Dengan Satu Ginjal?

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme