Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Hama dan Penyakit Tanaman Pohon Pisang

Hama dan Penyakit Tanaman Pohon Pisang – Bagi anda yang ingin bertanam pisang maka harus menjaga kesuburan tanah. Pilihlah bibit pisang yang berkualitasunggul.

Jangan lupa selalu memberikan pupuk hayati untuk menjaga kesehatan pohon pisang anda.

Terkadang penyakit dan halangan menjadi hambatan pertumbuhan pisang. Anda harus melindungi tanaman pisang dari hama dan penyakit.

Anda bisa mencegah serta menanggulangi penyakit atau hama yang menyerang pohon pisang anda. hal utama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab dari hal tersebut.

Ada beberapa faktor yang menghambat pertumbuhan pohon pisang

Ulat Daun 

yang merupakan hama yang menghabiskan bagian dedaunan pada tanaman pisang karena hama ini memakan daunnya yang akan membuat daun pisang berlubang.

Hama ini bisa menjadi penghambat pertumbuhan tanaman pisang anda yang akan berpengaruh pada proses fotosintesis. Anda bisa mengatasi hama tersebut dengan cara memberikan pestisida atau membuat ulat tersebut

Ulat bunga dan buah

merupakan ulat menyerang bunga dan buah dari pisang. Pohon pisang yang terkena ulat ini akan berbentuk seperti kudis . Anda bisa mengatasi dengan menyemprotkan pestisida.kumbang.

Bagian kelopak merupakan sasaran dari hama ini yang akan membuat lorong di bagian tersebut. Anda bisa menggunakan metode sanitasi rumpun pisang agar bersih dari batang

Nematoda 

merupakan hama yang berbahaya karena menyerang akar. Akar bisa membesar atau bengkak dan tampilan tanaman bisa menjadi pucat. Anda bisa mengatasi dengan menaruh bibit dan meningkatkan humus pada tanah dan memperkecil lempung

Panama

merupakan hama yang menyerang daun yang menyebabkan daun tampak latu dan membelah. Daun juga akan menimbulkan getah hitam. Anda bisa memberikan obat yang jitu untuk tanaman ini.

Berikan pupuk secara teratur pada pohon. Gunakan pupuk yang memiliki kadar kalium yang tinggi.

Jika terdapat rumpun yang terkena penyakit maka sangat disarankan untuk menebang semua pohon pisang anda agar penyakit yang lainnya bisa segera mati dan tidak merambat ke pohon pisang yang lainnya. Anda bisa membakar batang pisang tersebut kurang lebih sepuluh menit

Ada banyak cara hama menyerang pohon pisang ini. Ada yang menyerang melalui daun, batang, bahkan buahnya.  bonggol yang masih muda juga bisa terserang penyakit. Pada serangan yang sudah parah akan membuat tanaman cepat mati.

Hama penggerek bonggol yang menyerang batang ini  sangat sulit diberantas. Karena jenis insectnya berada didalam bonggol yang terletak di dalam tanah yang sulit untuk dideteksi keberadaannya.

Untuk mengatasinya anda harus melepas predator pengerek tersebut agar tanaman pisang anda aman dari serangan penyakit jenis ini yang akan berbahaya bagi pertumbuhan pisang anda.

Baca Juga : Teknik Pemuliaan Tanaman Cabai

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme