Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Fungsi dan Peranan Sumsum Tulang Belakang

sum-sum-tulang-belakangFungsi dan Peranan Sumsum Tulang Belakang – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari fungsi dan peranan sumsum tulang belakang.

Namun sebelum mempelajari fungsi dan peranannya, kita akan mempelajari pengertian dari sumsum tulang belakang terlebih dahulu.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Sumsum tulang belakang bersamaan dengan otak bertugas untuk memberikan dan mengirim informasi ke seluruh bagian tubuh dalam bentuk sinyal listrik.

Sehingga, informasi tersebut memberitahukan tubuh apa yang otak ingin lakukan dan otak merasakan apa yang tubuh kita rasakan.

Baca Juga : Jenis dan Macam tanaman Hipogel dan Epigeal

Pengertian Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang dan otak menghasilkan sistem saraf pusat yang lebih dikenal dengan singkatan SSP.

Sistem saraf pusat yang dihasilkan tersebut, mirip seperti tali berwarna krem yang sangat tebal dan tersusun atas saraf yang berfungsi untuk menyampaikan pesan antara otak menuju ke seluruh tubuh atau sebaliknya dari seluruh tubuh menuju ke otak.

Sumsum tulang belakang berada di sepanjang medulla oblongata yang ada di bawah otak menuju ke punggung bawah dan ditempatkan pada sebuah terowongan yang dibuat oleh tulang vertebrata atau tulang belakang.

Semua mahkluk hidup bertulang belakang memiliki tali tulang belakang termasuk manusia, hewan vertebrata, ikan tanpa rahang sederhana, burung, dan mamalia yang kompleks.

Fungsi dan Peranan Sumsum Tulang Belakang

Fungsi dan peranan sumsum tulang belakang dapat kita ibaratkan sebagai operator telepon yang menghubungkan antara penelepon dengan yang akan ditelepon, sedangkan fungsi sumsum tulang belakang adalah membantu otak berkomunikasi dengan seluruh bagian-bagian tubuh ataupun sebaliknya.

Umumnya, tulang sumsum belakang memiliki tiga fungsi dan peranan utama. Ketiga fungsi dan perananan tulang sumsum tersebut, antara lain.

  • Berfungsi dan berperan untuk menyampaikan informasi dari otak menuju ke berbagai bagian-bagian tubuh atau dari bagian-bagian tubuh menuju ke otak untuk memberikan tindakan.
  • Melakukan respon cepat atau koordinasi reflek terhadap rangsangan luar yang tidak melalui otak, sebab mereka dikendalikan atau dikelola oleh sumsum tulang belakang.
  • Berfungsi dan berperan untuk menyampaikan pesan dari reseptor sensorik yang ditemukan pada seluruh tubuh menuju ke otak.

Anatomi Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang tersusun atas lima wilayah utama yang terdiri dari 33 segmen. Dua segmen terlihat menyatu, sehingga biasanya digambar hanya memiliki 31 segmen saja. Setiap segmen, mengandung saraf yang terhubung menuju ke berbagai bagian-bagian tubuh.

  • Wilayah Serviks : Berada diantara kepala, leher, tubuh bagian atas, lengan, dan tangan.
  • Daerah Dada : Berada diantara tangan, jari, dada, dan otot perut.
  • Daerah Pinggang : Berada diantara pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan otot anal.
  • Daerah Sacral : Berada diantara kaki, jari kaki, kandung kemih, dan otot anal.
  • Daerag Coccygeal : Berada diantara kulit disekitar tulang ekor.
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme