Fungsi dan Peranan Saraf pada Manusia

By On Sunday, September 25th, 2016 Categories : Manusia

saraf-manusia

Fungsi dan Peranan Saraf pada Manusia – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari fungsi dan peranana saraf pada manusia.

Namun sebelum mempelajari fungsi dan peranannya, kita akan mempelajari pengertian saraf pada manusia terlebih dahulu. Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian Saraf pada Manusia

Saraf atau dikenal juga dengan istilah sistem saraf merupakan sistem koordinasi atau pengatur tubuh manusia yang berupa penghantar impul saraf menuju ke susunan saraf pusat, pemprosesan impul saraf, dan perintah untuk memberikan rangsangan.

Unit atau bagian terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf ialah sel saraf atau neuron. Sistem saraf sangat berperan dalam iritabilitas tubuh, sehingga memungkinkan tubuh untuk menyesuaikan diri dan menanggapi perubahan yang terjadi di sekitar tubuh kita.

Sehingga, bisa dikatakan jika iritabilitas merupakan kemampuan tubuh untuk menanggapi rangsangan.

Sistem saraf termasuk dalam sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi atau disebut juga dengan sistem saraf perifer. Saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan saraf tepi terdiri atas sistem saraf somatik dan sistem saraf otonom.

Sistem saraf memiliki tiga peranan atau fungsi utama yaitu menerima informasi dalam bentuk rangsangan (stimulasi), memproses informasi yang didapatkan, dan memberikan respon (tanggapan) terhadap rangsangan.

Pada tubuh manusia, sistem saraf terbagi menjadi tiga jenis yaitu sistem saraf parifer, sistem saraf pusat, dan sistem saraf otonom.

Pada sistem saraf parifer, terbagi lagi menjadi neuron motorik dan neuron sensorik. Pada sistem saraf pusat, terbagi menjadi sumsum tulang belakang dan otak.

Sedangkan pada sistem saraf otonom, bertugas untuk mengatur proses tubuh seperti pencernaan dan denyut jantung.

Fungsi Saraf pada Manusia

Setelah mempelajari pengertian dari saraf manusia, tiba saatnya untuk kita mempelajari fungsi saraf pada manusia. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saraf merupakan sistem pengatur atau koordinasi seluruh aktivitas tubuh manusia yang memiliki tiga fungsi utama.

Ketiga fungsi utama tersebut antara lain adalah sebagai alat komunikasi antar bagian tubuh, pengendali atau pengatur kerja bagian tubuh, dan pusat pengendalian tanggapan serta respon. Berikut penjelasakn secara lengkap dari ketiga fungsi tersebut.

  • Sebagai Alat Komunikasi : Saraf berfungsi sebagai alat komunikasi antara tubuh dan dunia diluar tubuh. Hal ini dapat terjadi karena dilakukan oleh alat indera seperti mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Berkat adanya indera, kita dapat merasakan atau mengetahui perubahan yang terjadi diluar tubuh kita.
  • Sebagai Pengendali atau Pengatur Kerja : Fungsi kedua dari saraf adalah sebagai pengendali atau pengatur kerja organ tubuh, sehingga bagian-bagian tubuh dapat bekerja dengan baik dan berfungsi sesuai kemampuan masing-masing.
  • Sebagai Pusat Pengendali Tanggapan dan Repon : Fungsi ketiga dari saraf yaitu pusat pengendali tanggapan dan respon tubuh terhadap perubahan keadaan disekitarnya. Karena berfungsi sebagai pengendali tanggapan dan respon, maka saraf terletak atau berada di seluruh bagian tubuh.
Fungsi dan Peranan Saraf pada Manusia | ritaelfianis | 4.5