Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Fungsi, dan Bagian Matahari

Fungsi, dan Bagian Matahari – Pengertian┬áMatahari merupakan bintang terbesar dan terdekat dengan bumi dan merupakan pusat serta poros dari sistem tata surya kita.

Fungsi, dan Bagian Matahari

Fungsi, dan Bagian Matahari

Matahari memiliki ukuran 100 kali lebih besar dari bumi, dengan diameter mencapai 1.4 juta km dan suhu permukaan mencapai 6000oC. Matahari memiliki banyak fungsi bagi kehidupan bumi, antara lain:

  • Bahan untuk proses fotosintesis
  • Menjadi sumber energi
  • Mempermudah penyerapan glukosa dalam tubuh sehingga dapat mengurangi gula darah.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membunuh mikroba
  • Meringkankan penyakit sendi dan arthritis
  • Meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat sistem kardiovakuler, tekanan arteri dan menormalkan jumlah kolestrol dalam tubuh

Matahari sendiri memiliki 4 bagian yaitu inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Inti matahari merupakan bagian terdalam matahari yang memiliki suhu mencapai 15 juta derajat.

Di lapisan inilah terjadi reaksi fusi yang menyebabkan matahari dapat berpijar. Pada bagian inti juga terdapat gaya gravitasi yang menarik materi di sekitarnya.

Lapisan berikutnya adalah lapisan fotosfer. Lapisan fotosfer merupakan lapisan permukaan matahari. Disebut juga sebagai lapisan cahaya, lapisan fotosfer merupakan lapisan yang memancarkan cahaya paling kuat. Suhu pada lapisan fotosfer berkisar pada 5.700 derajat. Pada lapisan ini diproduksi gelombang cahaya seperti sinar inframerah dan sinar ultraviolet.

Lapisan kromosfer merupakan lapisan yang berada di atas lapisan fotosfer dan merupakan lapisan yang sulit dilihat oleh mata telanjang.

Lapisan kromosfer hanya dapat dilihat mata telanjang manusia apabila terjadi gerhana matahari total menyerupai cincin yang berwarna merah. Warna merah tersebut menunjukan bahwa cahaya yang dipancarkan lapisan kromosfer lebih lemah dari pada cahaya yang dipancarkan lapisan fotosfer.

Terakhir adalah lapisan korona yang merupakan lapisan paling luar dari matahari. Lapisan ini berupa gas yang tipis, sehingga bentuknya dapat berubah-ubah.

Pada gerhana matahari total, lapisan ini akan terlihat berbentuk seperti mahkota dengan warna keabuan. Untuk melihat lapisan korona tanpa menunggu gerhana matahari, dapat digunakan teleskop khusus yang disebut koronagraf. Lapisan korona akan terlihat seperti mahkota berwarna putih cemerlang yang mengelilingi matahari.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test