Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Penguapan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Penguapan – Penguapan adalah suatu proses perubahan wujud benda.

Penguapan adalah berubahnya molekul zat cair menjadi zat gas. Proses penguapan dapat dilihat menggunakan mata telanjang dari berkurangnya volume zat cair tersebut.

Beberapa contoh peristiwa penguapan adalah bensin yang tumpah lama kelamaan akan habis, baju basah yang dijemur dibawah terik matahari akan kering, dan air yang dipanaskan akan mendidih dan lama kelamaan akan berkurang volumenya.

Proses penguapan terjadi ketika molekul-molekul di dalam zat cair mendapatkan energi lebih untuk dapat meloloskan diri.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan dan Manfaat Ilmu Klimatologi

Pada dasarnya molekul tidak mempunyai cukup energi untuk melepaskan diri, tetapi molekul-molekul yang ada pada zat cair memiliki sifat yang bebas, yaitu molekulnya dapat bergerak bebas hingga memungkinkan untuk bertabrakan antara molekul yang satu dengan molekul lainnya.

Ketika bertabrakan itulah molekul yang satu akan menyerap energi dari molekul lainnya, sehingga molekul tersebut memiliki cukup energi untuk meloloskan diri dari zat cair terebut.

Peristiwa penguapan memiliki beberapa manfaat dalam kehiduoan sehari-hari, yaitu:

  1. Siklus air. Siklus air terjadi ketika air laut mengalami penguapan karena terpapar oleh sinar matahari. Uap air akan berkumpul di awan dan berubah menjadi hujan lalu turun ke tanah dan diserap oleh pori-pori tanah menjadi air tanah.
  2. Menjaga suhu tubuh agar tetap dingin. Saat tubuh mendapatkan kelebihan energi maka suhu tubuh akan meningkat. Untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal maka tubuh akan mengeluarkan keringat. Keringat pada tubuh kita lama kelamaan akan menghilang karena adanya penguapan.
  3. Prinsip pembuatan lemari pendingin dan AC.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi proses penguapan.

  1. Luas permukaan zat cair. Proses penguapan zat cair tidak dapat berlangsung secara bersamaan. Molekul-molekul pada zat cair harus menunggu gilirannya untuk dpat menguap dimulai dari molekul yang paling dekat dekat permukaan zat cair. Oleh karena itu dengan memperluas permukaan zat cair maka akan membantu mempercepat proses penguapan, karena semakin luas permukaannya maka semakin banyak juga molekul-molekul zat cair yang berada di permukaan. Begitu pula sebaliknya semakin sempit luas permukaannya maka semakin lama proses penguapannya karena molekul-molekul yang berada dibawah harus bergantian karena luas permukaan di atasnya terlalu sempit. Contohnya adalah saat menjemur pakaian di bawah sinar matahari, semakin luas kita bentangkan pakaian maka semakin cepat pakaian tersebut kering dan ketika kita menuangkan air panas di gelas dan pada cawan, maka air pada cawan akan cepat kering karena panas pada air lebih cepat menguap.
  2. Proses penguapan akan berlangsung lebih cepat ketika diberikan panas. Ketika zat cair diberikan energi panas maka molekul-molekul zat cair yang tadinya bergerak bebas dengan kecepatan yang tetap akan bergerak dengan semakin cepat. Pergerakan molekul pada zat cair yang semakin cepat ini akan meningkatkan kemungkinan molekul untuk bertabrakan antara moleul yang satu dengan yang lainnya. Karena itulah pemanasan dapat mempercepat proses penguapan. Contoh air yang sedang dipanaskan akan cepat menguap dan berkurang volumenya.
  3. Proses penguapan dapat dipercepat tak hanya dengan bantuan panas namun dengan bantuan angin juga dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya proses penguapan. Dengan cara meniupkan angin atau udara pada permukaan zat cair akan mempercepat proses penguapan karena molekul-molekul pada permukaan zat cair akan terbang terbawa oleh angin atau udara saat ditiupkan. Contoh teh panas akan cepat dingin setelah ditup terlebih dahulu.
  4. Dengan cara mengurangi tekanan pada permukaan zat cair, maka akan membuka lebih banyak ruang kosong yang mengakibatkan molekul zat cair akan dengan mudah naik dan mengisi ruang-ruang di udara. Contoh lebih cepat memasak air panas di dataran tinggi dibandingkan di dataran rendah.

Baca Juga : Pengertian, Dampak dan Penyebab Terjadinya Globalisasi


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test