Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Fakta Unik Seputar Burung Elang

Fakta Unik Seputar Burung Elang – Siapa yang tak tahu burung elang. Ya burung yang dikenal sebagai penguasa udara ini memang merupakan pradator yang banyak ditakuti oleh hewan- hewan kecil yang ada di darat. Burung elang dikategorikan sebagai unggas yang berdarah panas.

Untitled

Elang tersebut memiliki bentuk tubuh serta warna sayap yang indah. Hewan tersebut banyak tinggal di pepohonan dan berkembang biak dengan cara bertelur dan menyimpannnya dipepohonan tersebut hingga anak- anak mereka menetas dan mulai beranjak dewasa. Masih banyak informasi fakta menarik lainnya dari burung elang tersebut. yuk kita lihat apa saja fakta- faktanya.

  1. Burung elang merupakan burung yang dikenala memiliki penglihatan yang sangat tajam. Hewan tersebut mamapu melihat mangsanya dari kejauhan meski ia berada di atas udara. Elang mmapu melihat mangsanya sejauh 100 kaki di udara. Penglihatan yang dimilikinya sekitar 8 x lebih tajam dari penglihatan manusia dengan mata normal.
  2. Elang memiliki kecepatan terbang hingga 300 km/ jam terutama saat memburu mangsanya. Bahkan saat musim migrasi tiba, elang tersebut mampu berpindah tempat ke berbagai belahan dunia.
  3. Burung elang akan membuat sarang diranting pohon sebagai tempat tinggal dan tempat sang betina bertelur. Namun, adapula jenis burung elang lain yang membuat sarang di tanah.
  4. Burung Elang ternyata termasuk hewan yang setia. Kebanyak elang memiliki satu pasangan untuk kawin dan berkembang baik (monogamy), namun ketika salah satu pasangannya mati maka elang tersebut akan mencari pasangan lainnya
  5. Elang memiliki paruh yang sangat tajam yang berfungsi untuk merobek dan mencabik mangsanya untuk kemudian dimakan. Paruh elang dikenal sangat kuat dan pada bagian ujungnya sangatlah runcin sehingga dapat dengan mudah merobek daging mangsanya dna mencabiknya menjadi bagian- bagian kecil.
  6. Cakar burung elang juga tak kalah tajam seperti paruhnya. Kuku- kuku elang tersebut dapat kuat mencengkram hewan mangsanya sehingga tak mampu melepaskan diri.
  7. Elang merupakan burung yang memiliki masa hidup yang cukup lama yaitu mampu mencapai umur hingga 60 tahun. Namun elang tersebut akan berkurang aktivitasnya karena ia dikatakan mulai mengalami proses penuaan. Ketika burung elang memasuki usia 40 tahun, hewan tersebut akan mengalami kerontokan bulu. Selain itu paruhnya juga akan semakin bergerak turun hingga mampu meyentuh dadanya. Sayapnya yang dulu panjang dan kuat perlahan- lahan mulai sulit untuk dihentakkan dan dikepakan untuk dapat terbang sehingga ia juga akan kesulitan untuk memburu mangsa. Pada keadaan seperti itu elang tersebut dapat mengalami kelaparan sehingga menjadi salah satu penyebab kematiannya selain juga diburu oleh manusia.

Berikut fakta seputar burung elang yang tentunya sangat menarik dan unik. Tak heran karena keunikannya tersebut burung elang dijadikan sebagai salah satu hewan yang sering diburu oleh manusia. Sebaiknya hal tersebut tidak terjadi karena akan mengancam keberadaan hewan burung elang tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis Bunga Paling Mahal di Indonesia

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme