Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Fakta Dan Dampak Angin Tornado

Fakta Dan Dampak Angin Tornado – Apakah anda pernah mendengar atau mengetahui tentang angin topan ? Angin topan adalah angin yang memiliki kekuatan sangat kencang dalam berhembus dimana angin jenis ini bisa terjadi di daerah – daerah yang memiliki iklim tropis terutama di daerah yang berdekatan dengan garis balik utara dan garis balik selatan kecuali untuk wilayah yang berada di dalam garis lintang nol derajat atau garis khatulistiwa.

 

Angin topan memiliki wujud berupa pusaran angin yang bergerak sangat kencang yaitu rata – rata sekitar 120 Km / jam atau lebih, bahkan pada level tertinggi, angin topan mampu mencapai kecepatan hingga 250 Km per jam. Sering muncul ketika sedang ada pergantian musim.

Angin topan atau angin tornado merupakan salah satu jenis awan yang sangat berbahaya dan mengerikan sering menerjang di wilayah bagian Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, Kanada, Afrika Selatan, Selandia Baru dan Australia. Alasan kenapa wilayah ini cukup sering terjadi bencana alam berupa angin topan adalah karena adanya Pengunungan Rocky dan Teluk Mexico.

Kedua tempat ini berdampak buruk terhadap lingkungan di sekitarnya yaitu dapat membentuk sekumpulan udara hangat yang lembab, udara sejuk cenderung kering dan kondisi angin yang bersifat horizontal yang naik. Nah tiga hal inilah yang mendukung munculnya angin topan atau angin tornado.

Juga karena terjadinya hujan konvektif yaitu suatu keadaan dimana garis lintang tengah dunia antara 30 s/d 50 derajat merupakan wilayah dimana udara dingin kutub bertemu dengan udara hangat khatulistiwa, menjadikan wilayah tersebut di atas mendukung terjadinya badai tornado yang berkembang menjadi besar.

Jadi angin tornado ini hanya muncul di daerah lintas tengah dan jarang terjadi di daerah khatulistiwa. Ketika khatulistiwa mengalami efek ‘Cariolis’ maka tornado akan berbelok menuju ke arah wilayah yang terkena garis khatulistiwa seperti di Indonesia.

Fakta Tentang Angin Tornado

  1. Angin tornado dikenal juga dengan nama ‘twister’ yang merupakan kumpulan udara yang mengalami perputaran cukup keras sehingga membentuk pusaran besar yang berasal dari awan badai muncul ke permukaan bumi.
  2. Angin tornado mempunyai kecepatan rata – rata 480 Km per jam sehingga mempunyai kemungkinan untuk mampu menumbangkan pohon – pohon besar dan kecil, mengangkat atap – atap rumah, menyeret dan melempar benda – benda berat hingga jarak ratusan meter dari pusaran angin tornado.
  3. Tornado mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam, seperti dalam bentuk awan lebar yang mempunyai corong, berputar menyerupai tali tipis yang membentang dari langit menuju ke tanah.
  4. Secara normal angin tornado memiliki durasi sekitar 10 menit yang akan bergerak rata – rata 5 hingga 10 Km. Tetapi dalam kasus ekstrim, tornado bisa berlangsung beberapa jam yang bergerak lebih dari 150 Km.
  5. Sekitar tahun 1989, tornado yang mematikan menerjang di Bangladesh, akibatnya adalah 20 desa dengan total penduduk sekitar 1.300 orang tewas mengenaskan karena bencana alam ini !
  6. Tidak semua jenis tornado dapat dilihat dengan jelas. Tornado bisa dilihat dengan mata telanjang saat sudah membentuk sebuah pusaran besar yang sudah menyapu debu dan di dalamnya terdapat puing – puing yang tersedot dan ikut berputar.

Dampak Angin Tornado

  1. Adanya tekanan udara ketika sedang terjadi angin tornado ini menyebabkan di langit terjadi kondisi tidak stabil sehingga bisa mengganggu kegiatan penerbangan.
  2. Pusaran angin tornado mampu menumbangkan pepohonan yang besar dan merusak bangunan sehingga dapat mengganggu kegiatan di darat.
  3. Angin topan yang menerjang di laut mampu menenggelamkan kapal laut serta bisa merusak ekosistem laut di sekitar wilayah yang terserang angin tornado.
  4. Dapat mengganggu gelombang elektronik pada lapisan ‘ionosfer’.
  5. Bisa merusak kawasan wisata alam yang kebetulan dilewati oleh jalur angin tornado baik itu  kawasan wisata darat dan wisata laut.
  6. Angin tornado yang menyerang daerah pertanian dapat merusak area pertanian yang bersangkutan sehingga menyebabkan petani mengalami kerugian besar.

Demikian kami menjelaskan tentang fakta dan dampak angin tornado, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test