Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Daftar Badan Kerjasama Ekonomi Regional

Daftar Badan Kerjasama Ekonomi Regional – Daftar Badan Kerjasama Ekonomi Regional adalah suatu bentuk kerjasama yang diselenggarakan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah regional yag berfungsi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan serta saling mendapatkan keuntungan antara satu sama lainnya.

Beberapa Badan Kerjasama Ekonomi Regional, yang teradapat di asia adalah:

ASEAN

ASEAN merupakan sebuah lembaga di negara-negara Asia Tenggara, yang terdiri dari 10 negara yaitu Indonesia, Singapura, Tailand, Malaysia, Myanmar, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Filipina.

Salah satu bidang yang dikaji dan dilaksanakan oleh ASEAN ini adalah bidang perekonomian.

Baca Juga : Bentuk-bentuk kerjasama Internasional

Adapun tujuan yang ingin dicapai  dari adanya perkumpulan ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat ASEAN dan menciptakan suasana pasar atau perekonomian yang kondusif dan baik.

ASEAN memiliki lima komite yang mengurusi dan mengelola segala bentuk program yang berhubungan dengan bidang perekonomian.

Komite-komite tersebut adalah:

  • Komite Keuangan dan Perbankan atau Commitee on Finance and Banking (COFAB)

Komite ini bertugas untuk mengelola keuangan dan sektor perbankan di wilayah ASEAN. Komite tersebut sebagai pengawas dan pemantau seluruh kegiatan Bank dan aktifitas keuangan di setiap negara anggota. Lokasi dari komite ini perpusat di Thailand.

  • Komite bahan Pangan, Pertanian dan Kehutanan atau Commitee on Food Agricultural and Forest (COFAF)

Komite ini bertugas dan berwenang didalam pengawasan pangan, pertanian dan kehutanan di setiap negara anggota.

Tanggung jawab lain dari komite ini adalah memberi didalam memberi program dan penyuluhan didalam menangani  permasalahan ataupun krisis yang yang terjadi didalam bidang-bidang tersebut. Komite ini berpusat di Indonesia.

  • Komite Industri, Mineral dan Energi atau Commitee on Industry, Mining and Energy (COIME)

Komite ini memfokuskan diri pada setiap permasalahan pengelolahan industri, mineral dan energi yang terjadi di setiap negara. Komite ini berlokasi di Filipina.

  • Komite Perhubungan dan Komunikasi atau Commitee on Transportation and Communication (COTAC)

Komite ini bertugas didalam mengelola dan mengawasi permasalahan, perhubungan dan komunikasi  atau hubungan internasional yang terjadi di negara-negara komite. Komite ini berpusat di Malaysia.

  • Komite Perdagangan dan Pariwisata atau Commitee on Trade and Tourism (COTT)

Komite ini mempunyai tugas didalam bidang perdagangan dan pariwisata yang akan sangat berpengaruh bagi perekonomian suatu negara. Komite ini berpusat di Singapura.

APEC

APEC adalah suatu forum kerjasama yang mengawasi permasalahan perekonomian pada setiap negara di Asia dan Pasifik.

APEC pertamakali didirikan di Australia pada tahun 1989. Indonesia merupakan salah satu  negara anggota APEC .

Pada intinya lembaga APEC  memiliki tujuan utama yang didasari dengan tujuan untuk dapat menjalin kerjasama dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan perdagangan, pariwisata, investasi, dan untuk dapat memperkuat sektor perdagangan multilateral untuk kepentingan seluruh negara-negara di Asia Pasifik.

Anggota APEC ini terdiri dari beberapa negara yang terletak di Benua Asia, Australia, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

ADB

ADB merupakan singkatan kata dari Asian Development Bank atau yang biasa dikenal dengan Bank Pembangunan Asia.

Lembaga ini pertama kali berdiri pada tanggal 19 Desember 1966 di Manila, Filipina.

Para anggotanya terdiri dari beberapa  negara-negara yang terletak di kawasan Asia Pasifik.

Tujuan dari didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan segala bantuan yang diperlukan bagi seluruh negara di Asia yang sedang melakukan kegiatan pembangunan dengan jalan memberikan pinjaman lunak dengan bunga rendah yang merupakan pinjaman berjangka panjang didalam masa pembayarannya.

Baca Juga : Pengertian dan Makna Yang Terkandung Dalam Proklamasi UUD 1945

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test