Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Contoh dan Macam Segmentasi Pasar

Contoh Segmentasi Pasar sebagai berikut, yaitu:

  1. Segmentasi Pasar Coca-Cola

Pada segi segmentasi ini, Coca-cola mempunyai varian yang berbeda seperti coca-cola zero yang diproses tanpa gula dan rendah akan kalori, diperuntukkan bagi pembeli dengan gaya hidup sehat.

  1. Segmentasi Pasar Samsung Galaxy Young

Menyesuai namanya, Samsung Galaxy Young diperuntukkan bagi anak muda, terutama pelajar dan mahasiswa. Lalu dengan pilihan varian warna yang cukup banyak dan desain tipis, serta dilengkapi kamera sebesar 2MP yang juga mengincar konsumen yang senang berfoto. Kemudian harga yang hanya satu jutaan, ponsel ini ditujukan pada kelas menengah ke bawah. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kelas ke atas karena desainnya yang mewah.

Macam-Macam Segmentasi Pasar, yaitu:

  1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi

Pasar dibagi menjadi beberapa bagian geografis seperti negara, kota, wilayah dan desa. Lingkungan geografi yang dipandang potensial dan digunakan akan ditargetkan oleh perusahaan.

  1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi

Dalam segmentasi ini, pasar dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan pecahan usia, gender, tingkat ekonomi, dan tingat pendidikan.

  1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi

            Menyelediki bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespons suatu rangsangan pemasaran.

  1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosiokultural

Segmentasi ini yang memiliki variabel sosiologis (kelompok) dan antropolis (budaya) dibagi menjadi beberapa segmen sesuai tahap pada daur hidup keluarga, kelas sosial, budaya dan sub-budaya, segmentasi pemasaran lintas budaya atau global.

  1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Hubungan Ekstrim

     Bentuk segmentasi yang efektif untuk penggunaan merek, seperti:

  • Tingkat penggunaan: segmentassi yang berbeda terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna produk, layanan / merek tertentu.
  • Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen akan produk, kesiapan untuk membeli produk atau apakah konsumen membutuhkan informasi tentang produk.
  • Loyalitas merek: Loyalitas konsumen terhadap merek digunakan sebagai perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka dapat segera menjadi pendukung promosi kepada orang-orang dengan karakteristik yang sama tetapi dengan populasi yang lebih besar.
  1. Segmentasi Berdasarkan Situasi Penggunaan

Kesempatan atau situasi bisa menentukan apakah konsumen akan membeli atau mengkonsumsi produk. Segmentasi ini dibuat sebagai membantu perusahaan memperluas penggunaan produk.

  1. Segmentasi Berdasarkan Benefit

Salah satu studi menguji, apakah mengendalikan prioritas konsumen untuk pengrajin mengidentifikasi beberapa keunggulan merek strategis, yaitu:

  • Fungsional
  • Nilai uang
  • Manfaat sosial
  • Manfaat emosi positif dan negatif
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test