Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Ciri dan Karakteristik Khusus Tanaman Salak

Ciri dan Karakteristik Khusus Tanaman Salak – tanaman salak merupakan jenis tanaman yang tumbuh di daerah hutan hujan tropis dan cukup rimbun, biasanya tanaman ini digunakan oleh beberapa hewan seperti babi hutan atau rusa untuk berlindung dari predator karena tanaman ini sangatlah rimbun dan berduri.

Ada yang unik dari tanaman salak ini yaitu nama komersil dari buah salak adalah snake fruit dimana  asal muasal sebutan snakefruit ini adalah dari bentuk kulit salak yang menyerupai sisik ular.

Salak termasuk dalam kategori tanaman palma, salak merupakan tanaman asal inonesia asli yang memiliki nama latin Salacca zalacca.

Baca Juga : Proses penyerbukan dan pembuahan pada tanaman

Tanaman salak memiliki ketahanan yang luar biasa apabila ada pohon penaungnya dan juga karena kerimbunan dari tanaman salak maka gulma akan sulit tumbuh di sekitarnya.

Tanaman salak termasuk tanaman yang berbuah 2. Pada satu tanaman salak hanya ada satu jenis bunga saja, jantan atau betina.

Jika kita menanam hanya salah satu jenis, seperti misalnya jantan saja atau betina saja, maka tidak akan didapatkan buahnya.

Pada daerah tertentu, tanaman salak perlu dibantu penyerbukannya oleh bantuan manusia, tetapi pada daerah lain ada tanaman salak yang dapat menyerbuk secara alami dengan bantuan angin.

Dalam proses penyerbukan buatan, satu tanaman salak jantan saja dapat melayani 5-10 tanaman salak betina.

Berikut adalah ciri khusus dari tanaman salak:

  • Akar tanaman salak merupakan akar serabut yang sebaran akarnya tidak luas dan dangkal, akarnya mudah rusak jika kekurangan air. Akar muda akan selalu tumbuh di atas akar yang lama dan semakin keluar. Cukup timbun akar ini dengan tanah dan akar lama dapat dipangkas sehingga tanaman salak akan tetap awet mdua dan produksi buah salak dapat dipertahankan
  • Batang salak rapat ditutupi oleh pelepah dan pada tanaman yang sudah tua batangnya akan melata dan bertunas. Tunas ini dapat digunakan sebagai vegetasi baru
  • Daun salak sangat unik karena berpelepah dan helaian daunnya panjang dengan tangkai yang berduri. Bentuk daun seperti pedang pangkal daun menyempit, cembung dan bersegmen banyak dan tidak sama
  • Bunga betina hanya bisa didapat dari tanaman betina saja. Sekelompok bunga betina hanya terdiri dari 1-3 malai. Satu malai saja mengandung 10-20 bakal buah. Panjang bunga salak secara keseluruhan 20-30cm, panjang malai berkisar 7-10cm. Warna bunga betina hijau kekuningan berbintik bintik merah, dan mempunya 3 petal. Bunga betina mekar Selma sekitar 1-3 hari. Jika lebih dari 3 hari tidak ada proses persarian, maka bunga salak akan layu dan tidak dapat dipergunakan dalam proses penyerbukan atau persarian.
  • Bunga jantan hanya bisa didapat dari tanaman jantan. Sekelompok bunga salak jantan hanya terdiri dari 4-12 malai. Satu malai saja terdiri dari ribuan serbuk sari. Panjang bunga salak jantan secara keseluruhan 15-35cm, panjang malai berkisar 7-15cm. Bunga jantan mekar selama sekitar 1-3 hari, setelah lebih dari 3 hari lalu bunga akan layu dan tidak akan dapat dipergunakan dalam proses penyerbukan atau proses persarian
  • Proses persarian dapat terjadi seara alami dengan bantuan angin air hujan, atau serangga hanya jika tanaman jantan dan betina bedektatan. Jika berjauhan maka proses persarian dibantu oleh manusia dengan cara mengibas-ngibaskan bunga jantan yang sudah mekar pada hari ke dua ke bagian bunga betina yang sudah mekar juga.
  • Bentuk buah bulat atau bulat telur dengan ujung runcing, kulit bersisik berwarna coklat, daging buah berwaran putih kekuningan, kuning kecoklatan atau merah. Rasa buah manis atau agak asam, bijinya berbentuk bulat telur berisi 3, dengan salah satu sisi bulat dan sisi lain bersudut.

Baca Juga : Jenis dan Macam Tanaman Hipogel dan Epigeal

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme