Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Ciri dan Karakteristik hewan Porifera

Ciri dan Karakteristik hewan Porifera – Porifera adalah salah satu filum pada Kingdom animalia yang biasa disebut dengan hewan spons yang berasal dari kata porus berarti pori dan ferre berarti membawa, jadi porifera secara bahasa memiliki arti hewan membawa pori atau hewan yang memiliki pori.

Ciri –ciri hewan porifera

  1. Porifera memiliki bentuk yang bermacam – macam, seperti bentuk seperti vas bunga, tabung sederhana, pohon, cangkir.
  2. Mayoritas porifera memiliki bentuk yang tak pasti atau asimetris, tapi ada juga yang simetris radial dengan tubuh yang dapat diatur pada sekitar poros tengah.
  3. Memiliki tubuh berongga yang terdiri dari zat jelly dan kolagen menjadi pembentuk terpentingnya. Terdapat spikula yang membentuk struktur rangka dan mereka saling mengunci guna membentuk kerangka tabung halus di luar maupun di dalam tubuh porifera.
  4. Merupakan anggota multiseluler, beberapa jaringannya tanpa organ, tidak memiliki rongga tubuh yang sejati dan pada semua jaringan dan sel mengelilingi ruangan yang berisi air.
  5. Reproduksinya secara vegetatif atau generatif. Jika vegetatif mereka akan menggunakan tunas atau gemmula, fragmentasi dan jika secara generatif mereka akan memproduksi telur pada mesohyl dan sperma dari koanosit. Mereka hemaprodit secara umum namun hanya dapat 1 jenis kelamin saja pada satu waktu baik jantan, betina maupun netral.
  6. Mereka dapat menanggapi rangsangan menggunakan penutup ostia namun mereka tidak memiliki sistem saraf, peredaran darah dan sistem pencernaan yang sejati.
  7. Proses ekskresi dan pertukaran gas pernafasan pada porifera menggunakan difusi sederhana. Sel porifera air tawar pada umumnya mengandung vakuola kontraktil untuk osmoregulasi.
  8. Merupakan hewan yang hidup melekat atau sessile. Sistem saluran air adalah fitur karakter dari porifera, yaitu sistem kanal – asconoid, leuconoid dan syconoid.
  9. Mereka disebut sebagai pengumpan filter yang mana dikarenakan adanya banyak pori pada tubuh porifera, sehingga para plankton dan air dapat masuk ke dalam tubuhnya. Mereka akan mengontrol aliran air tersebut menggunakan rongga tubuh atau spongocoel yang terdapat ostia di atas porifera sebagai pori, selain itu mereka menggunakan pori untuk menyalurkan nutrisi – nutrisi pada porifera.
  10. Memiliki kekuatan agregasi sel yang dapat berfungsi penuh menjadi pon walaupun mereka telah dipotong menjadi potongan kecil.
  11. Memiliki 3 lapisan utama struktur tubuh, yaitu lapisan sel epidermis, sel kerah berflagel dan matriks setengah cairan. Mereka dapat bergerak dibantu dengan flagella cambuk namun sebagian juga ada yang tetap.
  12. Mereka secara berkelompok atau berkoloni.

Karakter hewan porifera

  1. Memiliki tubuh yang hampa dan terdiri dari substansi seperti jelly dengan komponen terpentingnya adalah kolagen.
  2. Mereka adalah hewan filter feeder yang memperoleh makanan dengan menyaring air memanfaatkan pori – pori pada tubuh mereka.
  3. Memiliki struktur tubuh yang radial asimetris, terbentuk sel longgar yang saling berhubungan namun ini bukan merupakan jaringan benar.
  4. Lapisan tubuhnya dibagi memadi 3 , yaitu : lapisan terluar terbentuk dari sel epidermis (gepeng), lapisan tengah terbentuk dari matriks semi cairan, lapisan terdalam terbentuk dari sel kerah.
  5. Terdapat sebuah lubang pada bagian atas tubuh spons yang dikenal dengan osculum pembukaannya.
  6. Mereka tidak bisa hidup tanpa air karena mereka meurpakan organisme ketat air.
  7. Pada umumnya porifera akan dapat menyaring 100 liter air sehari yaitu pada porifera yang memiliki panjang tubuh 10 cm.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Coelenterata (Hewan Berongga)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme