Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Ternak Bebek Untuk Pemula

Cara Ternak BebekBebek sebagai salah satu unggas sudah umum untuk dikembangbiakkan melalui peternakan.

Cara Ternak Bebek Untuk Pemula

Cara Ternak Bebek Untuk Pemula

Bebek memiliki sumber protein yang cukup tinggi dibandingkan unggas lain seperti ayam atau pada telurnya.

Telur bebek mengandung 12.8g protein dalam tiap 100 gramnya, sedangkan telur ayam memiliki 12,5g protein pada telurnya. Bebek biasanya memang diternakkan untuk diambil telurnya, namun tak menutup kemungkinan ternak dilakukan untuk diambil dagingnya, terutama dengan meningkatnya konsumsi bebek sebagai sajian di rumah makan.

Bebek peternak terdiri dari beberapa jenis, namun umumnya di Indonesia jenis bebek yang sering diternakkan adalah bebek Tegal yang memiliki bulu berwarna putih hingga cokelat kehitaman, dan paruh serta kaki berwarna hitam atau kuning. Bebek Alabio yang biasa berada di daerah Kalimantan Selatan dengan warna bulu yang kuning keabu-abuan serta ujung sayap, leher serta kepala berwarna agak hitam. Bebek Alabio memiliki ukuran badan yang lebih besar.

Bebek Mojosari yang memiliki bulu warna cokelat baik cokelat tua maupun muda dan paruh serta kaki berwarna hitam.

Beternak bebek, sama seperti ternak unggas ataupun beternang binatang lain, memiliki beberapa tahapan yang harus diperhatikan agar bebek yang diternakkan bisa membuahkan hasil baik berupa telur atau daging yang gemuk.

Persiapan pertama ketika akan beternak bebek tentu saja terletak pada pemilihan kandang. Dahulu beternak bebek biasa dilakukan dengan cara menggembalakan.

Beternak dengan menggembalakan merupakan salah satu cara tradisional yang bisa menghemat uang untuk pakan karena bebek bisa mencari makan saat proses penggembalaan seperti cacing, atau tumbuhan.

Biasanya kualitas telur yang dihasilkan dengan beternak metode penggembalaan lebih baik, namun metode ini untuk saat ini sedikit sulit dilakukan mengingat semakin sedikitnya lahan yang bisa dugunakna untuk menggembalakan bebek. Metode yang selanjutnya adalah melalui peternakan di kandang.

Terdapat beberapa jenis kandang yang bisa dipilih, misalnya pekarangan dengan pagar di sekelilingnya, kandang tipe postal yang berupa bangunan dengan atap dan dinding dengan dasar kandang berupa tanah atau semen dengan sekam padi.

Dalam memilih kandang, perlu juga diperhatikan lokasi serta luas lahan karena bebek juga memerlukan kolam untuk mandi, baik itu kolam buatan yang akan dibangun di dalam kandang dengan tipe postal atau kolam yang ada di sekitar lokasi kandang bebek.

Lokasi untuk kandang sebisa mungkin jauh dari pemukiman namun tetap memiliki akses yang memadai.

Perlu diingat juga bahwa lokasi kandang usahakan tidak berada di sekitar lokasi bersarangnya hewan pemangsa unggas seperti ular atau biawak.

Dalam kegiatan beternak bebek, biasanya pakan disesuaikan dengan fase pertumbuhan bebek, yaitu fase awal yang berumur 0-18 minggu, fase grower untuk bebek yang berumur 8-18 minggu serta fase layer untuk bebek berusia 18-27 minggu.

Pakan yang diberikan kepada bebek biasanya merupakan ramuan yang terdiri dari jagung giling, dedak, ubi kayu, tepung ikan dan disesuaikan berdasarkan usia bebek.

Pada saat musim panen, untuk bebek petelur, panen biasanya bisa dilakukan saat dini hari.

Bebek biasanya akan bertelur sebanyak 200-250 butir telur per tahun. Usia produktif bebek berkisar antara 20 minggu hingga satu tahun.

Setelah itu, biasanya bebek tidak akan produktif lagi namun masih bisa dimanfaatkan dagingnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Teripang

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test