Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Bayam

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Bayam – Berikut di bawah ini kami berikan contoh – contoh Hama Tanaman Bayam beserta cara – cara dalam pengendaliannya adalah sebagai berikut :

  • Kutu Daun

Dalam skala perkebunan kecil, kutu daun sangat sulit untuk dilihat sehingga efek buruk yang diberikan pun tak terlihat dengan jelas.

Kutu Daun kerap menyerang cairan yang terkandung di dalam sayur Bayam sehingga menyebabkan daun menjadi kurang sehat.

Jika kondisi sudah sangat parah maka daun sayur Bayam akan berbentuk melengkung lalu berpilin, bahkan akan menyebabkan daun mengalami kerontokan dan berpengaruh buruk terhadap perkembangan pertumbuhan Bayam menjadi sangat lambat.

Hama ini bisa diatasi dengan melakukan penyemprotan air secara rutin seperti menyiram atau dalam kondisi parah semprotkan saja ‘Diazinon’ dengan dosis 1 s/d 2 cc / 1 air.

  • Ulat Daun

Yang dimaksud dengan Ulat Daun adalah salah satu hama yang paling rawan dan sangat mudah menyerang atau muncul pada tanaman sayur Bayam di kebun.

Hama ini sangat suka memakan daun – daun Bayam baik itu yang masih berusia muda atau daun yang sudah tua, dan ditandai dengan adanya gejala / meninggalkan bekas – bekas gigitan bergerigi / membentuk lubang – lubang.

Perlindungan terhadap hama ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan menggoyang – goyangkan tanaman yang digerogoti oleh hama atau menyemprotkan air hingga hama Ulat Daun berjatuhan.

Pengaplikasian Pestisida juga bisa dilakukan untuk mencegah hama ini semakin meluas menyerang kebun hanya saja jarang disarankan karena justru pada kondisi tertentu akan memberikan dampak semakin buruk terhadap konsumen nantinya.

Sedangkan 2 jenis Penyakit Tanaman Bayam adalah sebagai berikut :

  • Noda Daun

Gejala penyakit ini adalah memperlihatkan adanya noda – noda pada daun Bayam yang berwarna cokelat. Apabila anda abaikan begitu saja dan tidak diberikan perawatan maka noda daun akan meluas lalu merusak daun bahkan lama kelamaan dapat menghancurkannya.

Daun – daun yang terinfeksi harus segera dipetik lalu dibakar untuk mencegah penyakit tidak menular kepada daun Bayam yang sehat. Untuk pencegahan, semprotkan ‘Dithane’ dengan memakai takaran 1,5 s/d 2 gram / 1 liter air.

  • Spinach Blight

Salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman Bayam adalah dengan ditandai kemunculan pada daun muda yaitu mulai menguning disertai kondisi daun yang menyempit lalu menggulung. Penyebab utama adalah virus ganas yang bernama ‘Mozaik Cucumber’.

Nah apabila ada tanaman Bayam yang memperlihatkan gejala terinfeksi maka lebih baik segera dimatikan / dicabut lalu hancurkan guna menghindari penyebaran lebih luas pada tanaman yang lainnya masih sehat.

Tindakan pencegahan adalah dengan melakukan pembersihan gulma di sekitar ladang tanaman Bayam secara rutin.

Baca Juga :

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan kepada para pembaca terkait dengan cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman Bayam, semoga memberikan manfaat dan bisa dijadikan sebagai panduan dalam menghasilkan sayur Bayam yang berkualitas.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test