Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Cara Menyiapkan Dana Untuk Berkurban

Cara Menyiapkan Dana Untuk Berkurban – Salah satu ibadah umat Islam di hari Raya Idul Adha adalah dengan berkurban.

Dengan berkurban kita mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah atas segala anugerah yag diberikanNya kepada kita selain itu, berkurban juga merupakan wujud kepedulian umat Islam terhadap sesama.

Dijanjikan pahala yang besar dan bekal yang besar saat di akhir zaman, tidak sedikit umat muslim yang berpenghasilan menengah ke bawah ingin melakukan kurban.

Kendala terberat mereka yakni, pendapatan yang relatif kecil dan harga hewan kurban yang meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan informasi dari penjual hewan ternak di daerah Depok, pada tahun 2015 hewan kurban mengalami peningkatan sebesar 10 – 15 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Saat ini, kambing dengan kualitas sedang dibandrol harga sekitar Rp 2,4 juta hingga Rp 2,6 juta.

Meski pu mempunyai pendapatan yang pas – pasan, sebagian orang menganggap ibadah harus tetap jalan. Lalu, bagaimana cara menyiapkan dana untuk berkurban tiap tahunnya yang terbilang tidak sedikit?

  1. MENABUNG

Dengan menabung dapat membantu kita mengumpulkan dana untuk menyiapkan kurban. Namun, perlu diingat bahwa menabung di bank mempunyai bungan yang sedikit dibanding biaya administrasinya yang menjadikan cara ini dianggap kurang efektif untuk mengumpulkan uang yang banyak dan cepat karena harga hewan kurban naik tiap tahunnya.

  1. INVESTASI

Pada dasarnya, investasi dan menabung memiliki konsep yang mirip yaitu, menyimpan uang untuk keperluan di masa depan.

Hal yang membedakan adalah kemungkinan hasil investasi yang diperoleh lebih besar dibandingkan dengan menabung sehingga bisa mengimbangi keperluan di masa depan.

  1. MENYISIHKAN UANG

Ada baiknya mencari tahu informasi harga hewan kurban di pasaran lalu tetapkan ingin membeli hewan kurban yang mana untuk dijadikan gambaran kedepannya.

Setelah menetapkan pilihan hewan kurban dengan harganya, komitmenlah untuk menyisihkan pendapatan anda sebulan berapa selama 1 tahun.

  1. PERSIAPAN

Jika berniat untuk berkurban siapkan semuanya selama 1 tahun sebelum hari Raya Kurban diadakan.

Yap, itu beberapa cara menyiapkan dana untuk berkurban. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Hukum Melayat Orang Yang Meninggal Dunia Dalam Pandangan Islam

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme