Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak – Menjaga kekebalan tubuh atau imunitas sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan.

Kekebalan tubuh atau sistem imun memiliki peranan penting dalam memberikan perlindungan dari pengaruh luar yang dapat diakibatkan dari infeksi bakteri dan virus yang dapat menyerang sel dan organ pada manusia.

Apabila kekebalan tubuh melemah, maka perlindungan juga akan melemah sehingga menyebabkan virus atau bakteri mudah masuk ke dalam tubuh.

Dibandingkan dengan orang dewasa, kekebalan tubuh pada anak-anak belum sempurna sehingga sangat rentan terkena penyakit.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, dan Fungsi Kelenjar Hormon

Namun, terdapat beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anak.

Cara meningkatkan imun pada anak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa imun pada anak memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, maka para orang tua dapat melakukan cara-cara dibawah ini untuk meningkatkan imunitas anak.

  1. Memberikan ASI EKslusif

Pemberian ASI ekslusif pada anak usia 0-6 bulan sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan memberikan ASI maka kekebalan tubuh anak dapat meningkat dan mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan pencernaan.

Hal ini dikarekan pada ASI terkandung gizi yang dapat meningkatkan sistem imun anak.

  1. Membiasakan pola hidup bersih dan sehat pada anak

Membiasakan pola hidup bersih dan sehat sejak dini tentunya juga akan berpengaruh sekali pada sistem kekebalan tubuh anak.

Anak lebih baik mulai dibiasakan dari hal-hal kecil seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan hingga mengajarkan anak untuk terbiasa membersihkan lingkungan sekitarnya.

Lingkungan yang bersih dan sehat akan menghindarkan anak dari serangan infeksi virus dan bakteri yang berbahaya sehingga anak tidak mudah sakit.

  1. Istirahat yang cukup

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa istirahat yang cukup dapat menurunkan risiko terserang flu dibandingkan ketika kurang tidur.

Tidur yang cukup tersebut baik juga karena pada saat proses tidur berlangsung akan terjadi pembentukan sel-sel baru yang berfungsi untuk menangkal infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh anak.

Porsi tidur yang cukup bagi anak usia 3-12 tahun yaitu 10 jam per harinya agar sistem kekebalan tubuhnya meningkat.

  1. Penuhi nutrisi anak

Pemberian asupan gizi atau nutrisi yang seimbang dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun pada anak.

Makanan yang kaya akan nutrisi memiliki manfaat untuk membentuk sel-sel baru dan menangkal berbagai macam serangan virus dan bakteri.

Konsumsi bahan makanan yang mampu meningkatkan imunitas adalah sebagai berikut:

  • susu kedelai mengandung flavonoid yancukup baik untuk menambah daya tahan tubuh. Flavonoid merupakan sejenis pigmen yang biasanya dapat dijumpai pada tanaman hijau yang mampu meningkatkan sistem imunitas.
  • Ikan dan Telur mengandung Zn (Seng) yang berperan untuk meningkatkan perkembangan tubuh, memperkuat imunitas serta menambah inteligensi.
  • Madu mengandung protein penting yang dapat membantu meningkatkan imunitas. Selain itu, madu juga dapat menjaga stamina dalam tubuh dan sangat baik walau dikonsumsi setiap hari.
  • Probiotik merupakan bakteri yang bersifat baik yang dapat berkembang dalam pencernaan dan terdapat pada makanan olahan seperti yogurt atau beberapa makanan seperti gandum, pisang, madu dan juga kacang-kacangan.
  • Vitamin C befungsi dalam meningkatkan ketahanan tubuh anak dari infeksi dan mampu menyembuhkan luka. Khasiat vitamin C dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suplemen atau kandungan yang alami dari buah dan sayur.
  1. Mengurangi antibiotik

Biasanya para orang tua mudah khawatir apabila anaknya sedang menderita sakit. Apabila sakit anak tergolong ringan, lebih baik konsumsi antibiotik dikurangi.

Hal ini karena, pemberian antibiotik pada anak yang terlalu sering akan menyebabkan melemahnya system imunitas pada anak.

  1. Menghindari Polusi Udara

Banyaknya polutan udara yang masuk melalui organ tubuh, biasanya akan merusak silia rambut di dalam hidung yang berfungsi sebagai penangkal masuknya benda asing ke dalam tubuh.

Sehingga lebih baik hindarkan anak dari pencemaran udara seperti asap rokok, asap pembakaran dan paparan bahan kimia yang berbahaya. Lebih baik mencegah dengan menghindari sumber-sumber polusi.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi Dan Struktur Vena (Pembuluh Balik)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test