Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Mengubah Sel Kulit Menjadi Sel Saraf

Cara Mengubah Sel Kulit Menjadi Sel Saraf – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai sel-sel tentunya menarik untuk dibahas yha. Tapi readers tahu nggak bagaimana caramerubah sel kulit menjadi sel saraf?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Baca Juga : Pengertian, Struktur, dan Fungsi Hipofisis (Kelenjar Pituitari)

Apasih yang dimaksud dengan sel kulit dan sel saraf?

Sebelum membahas mengenai cara mengubah sel kulit menjadi sel saraf, ada baiknya kalau kita membahas mengenai pengertian dari sel kulit dan sel saraf itu sendiri.

Sel sendiri yaitu satu unit dasar dari tubuh manusia dimana setiap organ merupakan penyatuan dari berbagai macam sel yang dipersatukan satu sama lain oleh dukungan struktur-struktur interselular.

Yang dimaksud dengan sel kulit yaitu adalah sel-sel yang yang terletak dan tersusun di kulit yang membuatnya bekerja dengan baik. Sedangkan sel saraf atau yang biasa disebut dengan neuron yaitu unit fungsional sistem yang menyusun saraf dan membuatnya bekerja dengan baik.

Bagaimana cara mengubah sel kulit menjadi sel saraf?

Sebuah penelitian baru membuktikan adanya kemungkinan memprogram ulang sel-sel dewasa kulit manusia menjadi sel saraf (neuron) tanpa harus melalui sel induk.

Teknik sederhana in melibatkan aktivasi tiga gen dalam sel kulit. Pada teknik ini sel dari jenis fibroblas (salah satu sel pembentuk jaringan ikat) berhasil diubah menjadi neuron.

Pada penelitian yang dipunlikasikan oleh Proccedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa sel-sel kulit dapat diarahkan untuk menjadi sel-sel saraf tertentu.

Dalam percobaan tersebut juga ada dua lagi gen yang diaktifkan sedemikian rupa sehingga mampu memproduksi sel-sel dopamin otak, yaitu suatu jenis sel yang mati yang dapat menimbulkan penyakit parkonson.

Temuan ini merupakan langkah penting untuk transplantasi sel-sel saraf yang berasal dari pasien sendiri. Selain itu, dapat juga digunakan untk model penyakit dalam penelitian tentang berbagai penyakit neurodegenerative (penuaan).

Sebelum penemuan itu dapat digunakan dalam praktek klinis, diperlukan lebih banyak penelitian agar sel-sel saraf baru bertahan dan berfungsi di otak.

Untuk kedepannya yaitu, bahwa doker akan mampu menghasilkan sel-sel otak yang dibutuhkan oleh pasien dari kulit atau sampel rambut, yang tidak akan menimbulkan penolakan dari tubuh pasien.

Nah readers, gimana?

Menarik bukan informasi kali ini?

Apa sudah paham mengenai cara mengubah sel kulit menjadi sel saraf?

Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian-Bagian Kelenjar Pineal

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test