Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Cara Menghilangkan Sifat KemagnetanRitaelfianis.com – Setiap benda yang terbuat dari besi maupun baja akan memiliki suatu sifat yang disebut dengan sifat kemagnetan.

Kemagnetan adalah suatu kemampuan pada benda yang memungkinkannya untuk dapat menarik benda-benda disekitarnya. Benda-benda yang memiliki sifat kemagnetan disebut dengan magnet.

Magent dapat dibedakan menjadi dua macam menurut sifatnya yaitu magent tetap dan magnet sementara.

Magnet tetap adalah benda-benda yang sifat kemagnetannya akan tetap atau akan selalu ada.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Contoh Gaya Kapilaritas

Magnet tetap disebut juga dengan magnet permanen. Magnet sementara adalah benda-benda yang sifat kemagnetannya bersifat sementara, hanya terjadi selama proses pembuatannya.

Apabila proses pembuatannya selesai maka benda tersebut tidak akan memiliki sifat kemagnetannya lagi.

Sementara itu berdasarkan proses pembuatannya, magnet dibagimenjadi dua macam yaitu magnet alami dan magnet buatan.

Magnet alami adalah magnet yan gsifat kemagnetannya ada dan muncul secara alami.

Contohnya pasir besi dan Gunung Ida di Magnesia yang merupakan asal muasal ditemukanya magnet.

Yang kedua, magnet buatan adalah magnet yang sifat kemagnetannya terbentuk karena ada campur tangan manusia.

Biasanya magnet buatan dibuat dari benda-benda dengan daya tarik magnet yang kuat seperti besi atau baja. Berikut beberapa sifat kemagnetan yang dimiliki oleh magnet.

  1. Dalam keadaan bebas kutub magnet akan selalu menghadap ke arah utara dan selatan. Oleh karena itu magnet memiliki dua buah kutub yaitu kutub utara, dimana kutub magnet akan selalu menunjuk ke arah utara dan kutub selatan, dimana kutub magnet akan selalu menunjuk ke arah selatan.
  2. Arah kutub pada magnet yang selalu menunjuk ke arah utara dan selatan dikarenakan kutub magnet sangat terpengaruh oleh kutub-kutub bumi.
  3. Gaya tarik meanrik magnet paling kuat berada pada kutubnya. Hal ini dosebabkan oleh adanya resultan gaya magnet elementer yang sangat kuat pada ujung kutub magnet.
  4. Apabila kutub yang sejenis ( utara dengan utara atau selatan dengan selatan) didekatkan maka akan terjadi gaya tolak-menolak.
  5. Apabila dua kutub yang berlawanan ( utara dengan selatan) maka akan terjadi gaya tarik-menarik pada kutubnya.
  6. Apabila sebuah magnet dipotong menjadi dua buah, maka masing-masing magnet akan tetap memiliki dua buah kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.
  7. Magnet hanya dapat menarik benda-benda tertentu dalam jangkauan tertentu pula.
  8. Gaya magnet dapat menembus benda. Semakin kuat gaya magnet maka semakin tebal pula benda yang dapat ditembus.

Ada beberapa bentuk magnet yaitu:

  1. Magnet batang
  2. Magnet silinder
  3. Magnet jarum
  4. Magnet cincin
  5. Magnet U
  6. Magnet ladam atau tapal kuda

Sifat kemagnetan dapat dihilangkan. Berikut bebrapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan.

  1. Dipukul-pukul. Magnet yang dipukul atau ditempa akan mengubah susunan elementernya. Elementer magnet akan berbentuk seperti garis searah, namun ketika magnet dipukul atau ditempa, susunan elementer tersebut berubah menjadi tidak beraturan dan tidak searah. Elementer magnet yang sembarang tersebut akan mengakibatkan magnet kehilangan sifat kemagnetannya.
  2. Magent yang dipanaskan akan kehilangan sifat kemagnetikannya. Hal ini disebabkan kareana ketika dipanaskan akan ada energi panas yang mengalir ke dalam magent menyebabkan partikel bahan bergerak sanagat cepat dan tidak beraturan. Oleh karena itu magnet yang dipanaskan akan susah untuk dibuat menjadi magnet.
  3. Diberi aliran arus listrik. Suatu magnet yang diberi aliran listrik arus bolak-balik atau arus AC akan menyebabkan sifat kemagnetan suatu benda menghilang. Hal ini terjadi karena saat dialiri arus bolak-balik, arus yang terjadi menjadi tidak teratur dan berubah-ubah menjadikan letak dan arah magnet menjadi terganggu, karena itulah magnet menjadi sukar dibuat.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Antara Gaung Dan Gema Beserta Contohnya

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test