Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop atau Komputer

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop atau Komputer – Pada era yang serba digital ini, kebutuhan akan koneksi internet sangat penting bagi hampir seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pekerja, pelajar bahkan ibu rumah tangga.

Agar browsing lebih mudah, dibutuhkan koneksi internet yang lancar dan cepat.

Kecepatan koneksi internet juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal yang dapat berasal dari penggunaan gadget berkapasitas rendah atau bisa juga akibat setting internet yang keliru.

Ada juga faktor eksternal yang bisa berasal dari pemilihan provider yang kurang kompeten, sehingga masyarakat harus lebih cermat dalam mengatasi permasalahan koneksi internet tersebut.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat, dan Fitur dari Edmodo

Internet lambat biasanya membuat pengguna pusing karena akan menghambat berbagai aktivitas penting apalagi menunggu proses data yang tak kunjung selesai.

Nah, sebelum merasa kesal dengan koneksi internet yang lamban, yuk kita simak cara mempercepat koneksi internet di laptop atau computer berikut ini.

Pilihlah Provider yang Kompeten

Memilih Internet Service Provider (ISP) sangat penting bagi langkah awal kita untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet.

Disarankan bagi para calon pengguna untuk memilih ISP yang sudah terbukti handal dan kompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet. Banyak yang mengatakan,

Harga menentukan kualitas. Memang tidak semua yang dibandrol dengan harga tinggi dapat selalu memuaskan kita, tapi harga tidak bisa berbohong, bukan?

Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan promosi banting harga yang biasanya ditawarkan oleh ISP tertentu.

Harga yang sedikit lebih mahal tentunya akan sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan.

Ada baiknya kita memilih provider yang kompeten. Kompeten yang dimaksud adalah yang mampu menyediakan layanan Internet cepat dan tidak terkendala masalah apapun.

Cari informasi sebanyak mungkin, kalau perlu baca tentang tanggapan pengguna lain tentang provider tertentu. Cari tahu tentang kelebihan dan kekurangannya sebelum  memilih ISP yang pas.

Kalau Anda memiliki rezeki yag lebih, sekali-sekali tak ada salahnya mencoba paket Internet kelas atas yang mungkin sedikit lebih mahal, namun setara dengan kualitas yang disediakan.

Dengan demikian, aktivitas browsing akan menjadi lebih cepat dan nyaman.

Gunakan Modem yang Memadai

Modem atau singkatan dari modulator demodulator merupaka sebuah perangkat elektronik yang biasanya digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam satuan frekuensi tertentu yang kemudian dapat diproses melalui saluran telepon kabel.

Modem-modem yang ada dipasaran, memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan kecepatan koneksi maksimal, pilih modem dengan spesifikasi kecepatan cukup besar.

Pada umumnya, modem yang biasa digunakan mempunyai kapasitas koneksi kurang lebih 256 Kbps.

Gunakan Provider dengan sedikit pengguna

Selain pemilihan provider yang kompeten dan berkualitas, kita harus memperhatikan juga jumlah pengguna internet pada provider tertentu tersebut.

Hal tersebut karena biasanya padatnya provider tertentu juga dapat menjadi penyebab lambannya koneksi internet yang digunakan.

Karena, setiap provider memiliki kapasitas tertentu dalam pemakaian Internet.
Nah, untuk menghindari hal tersebut, silahkan mencari tahu dan coba untuk menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya.

Dengan begitu, kita masih bisa mendapatkan layanan internet dengan kualitas koneksi yang maksimal.

Gunakan Perangkat Komputer Berspesifikasi Tinggi

Selanjutnya, selain langkah-langkah diatas, kita juga harus mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat komputer yang digunakan untuk mengakses internet.

Apabila perangkat yang digunakan mempunyai kapasitas RAM, prosesor dan harddisk yang rendah, maka hal ini juga akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang kita gunakan.

Tidak ada ruginya mempertimbangkan untuk mengganti computer atau laptop yang kita gunakan sekarang dengan yang baru apalagi ketika mengakibatkan efek koneksi internet yang sangat lambat.

Baca Juga : Cara dan panduan sederhana manajemen Adwords untuk UKM


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test