Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Cara Membuat Kue Bolu Talas Pelangi

Cara Membuat Kue Bolu Talas Pelangi – Kue bolu memang menjadi salah satu makanan cemilan favorit bagi semua orang. Orang dewasa dan anak- anak gemar makan kue ini karena memiliki tekstur yang lembut dan tentu rasa yang lezat.

Kue bolu biasanya disantap saat bersantai bersama orang terdekat baik keluarga, teman, sahabat, maupun yang lainnya. Kue bolu sangat nikmat bila dinikmati sambil minum air teh. Seiring berkembangnya jaman, banyak kue bolu yang dkreasikan menjadi banyak varian sehingga lebih menarik dan unik serta memiliki rasa yang tak kalah lezat.

Baca Juga : Resep dan Cara membuat bakso spesial kenyalnya

Saat ini terdapat varian kue bolu yang sangat populer yaitu bolu pelangi. Sebenarnya keberadaan bolu pelangi tersebut telah lama ada namun karena pada jaman ini pemilihan warna lebih beragam membuat bolu pelangi semakin banyak dinikmati terutamaoleh anak- anak.

Bolu pelangi memiliki warna yang cantik sehingga membuat orang yang melihatnya menjadi ingin mencicipi. Pembuatan bolu pelangi tersebut dapat dikreasikan dengan menambahkan bahan- bahan pelengkap lainnya. Bahan- bahan pelengkap tersebut bahkan jarang terfikir untuk ditemui salah satunya adalah talas.

Mungkin memang sekarang ini banyak para penjual kue yang menggunakan talas sebagai bahan dasarnya. NAmun, kamu juga bisa membuat sendiri kue bolu talas dan dengan kreasi pelangi sehingga kue bolu tersebut akan semakin menarik dan cocok sebagai hadiah kepada orang terkasih maupun untuk dikonsumsi sendiri.

Pembuatan kue bolu talas pelangi sangatlah mudah, yaitu dengan menyiapkan bahan- bahan berupa 100 ml santan kelapa, pewarna kue (merah, kuning, hijau, ungu, biru, oranye), 150 gr emulsifier cake, 2 kg talas yang dihaluskan dengan cara diblender, 2,5 kg tepung terigu, 3,5 kg gula pasir halus, garam, 40 gr baking powder, 5 kg telur, 500 gr susu bubuk vanilla, dan 600 gra margarine yang dilelehkan.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengocok telur, gula,susu bubuk, sedikit garam, dan emulsifier hingga merata dengan menggunakan mixer kecepatan sedang hingga adonan mengembang. Setelah itu masukan talas yang telah dihaluskan dan mentega atau margarine yang telah dilelehkan secara perlahan lahan dan aduk kembali.

Masukan tepung terigu sambil diayak dan adonan diaduk agar semua bahan tercampur rata. Setelah selesai pisahkan adonan menjadi beberapa bagian untuk diberikan warna dengan pasta makanan. Ketika menambahkan warna pada adonan kue beri sedikit saja 2 hingga 3 tetes pasta kue dan aduk hingga merata.

Apabila pasta terlalu banyak makan akan membuat kue menjadi pahit. Setelah selesai masukan kedalam Loyang untuk kemudian di kukus. Sebelumnya Loyang tersebut diolesi mentega dan taburan terigu agar kue tidak lengket setelah matang.

Langkah awal masukan satu warna adonan terlebih dahulu dan tunggu hingga setengah matang. Setelah itu angkat kue dan masukan adonan warna berikutnya lalu kukus kembali hingga stengah matang. Lakukan hal yang sama pada warna adona kue berikutnya dan saat warna kue terakhir kukus kue hingga benar- benar matang. Kue bolu talas pelangi siap dihidangkan selagi hangat.

Selamat Mencoba !!

Baca Juga : Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi Yang Harus Di Ketahui

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme