Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Manggis

Cara Budidaya Tanaman Manggis – Tanaman manggis atau dalam bahasa latin Gracinia Mangostana L. Merupakan tanaman daerah tropis asli dari Asia Tenggara. Tanaman yang biasa disebut Queen Of The Tropical Fruit ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, buah yang rasanya manis dan enak ini mengalami peningkatan permintaan dalam masyarakat. Sehingga, saat ini tanaman manggis banyak dibudidayakan.

Cara budidaya tanaman manggis tidak boleh sembarangan untuk menghasilkan buah dengan kualitas terbaik.

Cara budidaya tanaman manggis dengan baik dan benar.

  1. Budidaya Tanaman Manggis dari Biji
  2. Menyemai Biji

Langkah menyemai biji:

  • Pisahkan daging manggis dari bji dengan hati-hati jangan sampai melukai kulit biji manggis.
  • Cuci biji manggis menggunakan air hangat sampai lendirnya menghilang.
  • Setelah lendir dari biji-biji tersebut hilang, kemudian biji-biji tersebut dijemur sampai kering.
  • Sebelum di semai, simpan biji kering di wadah yang tertutup selama dua minggu.
  • Selama menunggu bibit siap disemai, siapkan media semai. Sebaiknya menggunakan polybag.
  • Media tanam yang akan dimasukkan dalam polybag berupa campuran tanah, pasir halus, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
  • Setelah dua minggu masa penyimpanan biji, kemudian masukkan masing-masing biji tersebut dalam polybag.
  • Tutup media semai dengan jerami atau batang pisang yang sudah lapuk.
  • Simpan ditempat yang teduh, siram setiap pagi dan sore.
  • Tunggu sampai tunas-tunas bermunculan.
  • Setelah berusia 2 atau 3 bulan, pindahkan bibit-bibit tanaman manggis ke tempat yang mendapat sinar matahari. Baiknya mendapat sinar matahari sekitar 40% sampai bibit berusia 1 tahun.

Persiapan Lahan dan Penanaman

Lahan yang bagus untuk tanaman manggis adalah dataran rendah dengan tinggi ideal 400-800 m.dpl serta lahan yang tidak kekurangan air. Tanaman manggis termasuk tanaman yang membutuhkan banyak air. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika lahan dekat dengan sumber air.

Siapkan lubang untuk penanaman dengan ukuran 1,5 × 1,5 meter dan kedalaman 2 meter. Beri jarak antar lubang sejauh 5 meter. Tujuan diberi jarak karena pohon manggis akan tumbuh semakin besar hingga mencapai sekitar 25 meter, sehingga membutuhkan jarak yang lebar.

Sebelum media tanam yang terdiri dari campuran pupuk kandang, pasir halus, pupuk kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1:1 dimasukkan dalam lubang penanaman, biarkan lubang tersebut menganga selama 2 minggu.

Setelah media tanam dimasukkan dalam lubang, siram dengan pupuk cair organik. Campur pupuk organik dengan air lalu siramkan pada lubang yang terisi media tanam sebanyak 5 liter untuk tiap lubang. Kemudian biarkan selama 3 hari.

Setelah 3 hari, pindahkan bibit dari polybag yang sudah berusia 1 tahun ke media pembesaran (lubang yang diisi media tanam). Sobek polybag dengan hati-hati jangan merusak akar. Kemudian tanam bibit manggis hingga kedalaman menyesuaikan tinggi polybag.

Setelah bibit tertanam padatkan median tanam dengan menambah tanah dan menyiramkan air. Setelah itu, tutup dengan jerami atau batang pisang yang sudah lapuk. Jerami dan batang pisang lapuk ini berguna untuk mengurangi penguapan air saat kemarau.

Perawatan

Perawatan tanaman manggis tidak sulit.

  • Siram saat musim kemarau.
  • Memberi pupuk tambahan setiap 6 bulan sekali.
  • Pemangkasan pucuk agar dahan bertambah.
  • Pembersihan gulma dan tanaman penggangu.
  • Membasmi hama

Pemanenan

Buah manggis siap dipanen setelah 3 bulan. Warna buah manggis masih hijau bintik-bintik ungu. Buah manggis yang berusia lebih dari 3 bukan sudah berwanya ungu kemerah-merahan. Jangan membiarkan buah manggis matang di pohon. Hal ini dapat merugikan saat dipasarkan.

Cara memanen manggis dapat dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan pisau atau gunting tanaman yang tajam. Jangan biarkan buah manggis jatuh atau terbanting.

Ukuran buah manggis bervariasi dari besar, sedang, hingga kecil. Masing-masing ukuran memiliki nilai jual berbeda.

Setelah buah manggis selesai dipanen, simpan buah manggis ditempat yang teduh dan sejuk dengan suhu dibawah 40 derajat celcius.  Buah manggis dapat bertahan selama 1 setengah bulan. Alangak baiknya sebelum batas waktu tersebut buah manggis segera dipasarkan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test