Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Mangga

Cara Budidaya Tanaman Mangga – Mangga (Mangifera Indica) adalah tanaman bush yang berasal dari India. Tanaman ini juga banyak dibudidayakan di Indonesia, Salah satu daerah yang terkenal akan produk mangga Salah satunya adalah kabupaten indramayu.

Syarat tumbuh tanaman mangga

Tanaman mangga tumbuhnya subur di suhu 24-27°C dengan curah hujan 750 sampai 2500 mm/tahun, tanaman ini juga cocok dibudidayakan di tanah lempung berpasir serta bisa juga ditanam di tanah liat dengan tingkat pH 5-7.

Berikut ini beberapa cara Budidaya mangga:

  1. Persiapan bibit

Pembibitan tanaman mangga bisa menggunakan cara generatif (biji) maupun dengan cara vegetatif.

  1. Persiapan lahan

Persiapkan lahan yang akan ditanami dengan dibersihkan dari rerumputan, serta siapkan lahan sebelum musim hujan.

  1. Pembuatan lubang

Buatlah lubang-lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm bisa juga dengan ukuran 80 x 80 x 80 cm dengan jarak tanam 9 x 9 m, agar tanaman tidak berdekatan ketika sudah tumbuh besar. Kemudian, isi lubang dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang lalu biarkan lubang terbuka selama hampir 2 minggu untuk mempercepat pelapukan.

  1. Penanaman pohon mangga

Untuk penanaman harus dilakukan pada musim hujan agar hasil maksimal, jika bibit dari vegetatif usahakan leher akar tetap sama pada waktu persemaian serta bagian yang diokulasi tidak tertimbun tanam. Seteleh itu, buatlah peneduh seperti pelepah pisang pada setiap tanaman sampai umur 2 hingga 4 minggu. Lalu, siram tanaman denga air secekupnya.

  1. Perawaratan
  • Penyiraman, dilakukan setiap hari pada awal pertumbuhan agar tanaman tidak layu.
  • Pencegahan penyakit, untuk pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan penyemprotan fungsinida.
  • Pemangkasan bunga, ranting dan cabang.
  • Pemupukan, setelah tanaman berumur satu tahun dipupuk dengan 10 kf pupuk kandang yang dicampur dengan 2,5 kg tepung tulang serta 5 kg abu pembakaran kayu. Setelah tanaman berumur sembilan tahub dapat dipupuk dengan 50 kg pupuk kandang dicampur dengan 7,5 kg tepung tulang dan 15 kg abu kayu setiap pohon. Pemupukan dilakukan 1-2 kali setahun.
  1. Pemanenan

Tanaman  mangga hasil okulasi mulai berbuah di tahun keempat. Pada umur 20-40 tahun tanaman mangga dapat mengahsil buah 1000 hingga 3000 buah. Tanda-tanda buah yang sudah masak yaitu buah terasa lunak bila dipegang serta ada perubahan warna menjadi kuning atau kemerahan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test