Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Buncis

Cara Budidaya Tanaman Buncis – Buncis merupakan sayuran buah yang termasuk famili Leguminosae. Tanaman buncis cocok diproduksi atau dibudayakan pada daerah dengan ketinggian sedang dan tinggi.

Buncis sensitif dengan kekeringan dan tidak bisa menerima banyak air, sehingga sebaiknya ditanam pada daerah pengairan yang baik. Tanaman buncis cocok tumbuh di tanah lempung ringan dengan pengairan yang baik. Berikut adalah cara budidaya tanaman buncis :

Penyiapan Lahan

Lahan yang akan ditanami buncis baiknya di siapkan seminggu sebelum penanaman.

Penanaman

  • Waktu tanam

Waktu tanam harus diperkirakan dengan baik agara sesuai dengan hasil yang diinginkan.

  • Jarak tanam dan populasi tanaman

Sebaiknya jarak penanaman dari satu benih ke yang lain 40 cm sampe 70 cm agar pertumbuhan tidak terganggu.

  • Cara penanaman

Penanaman dengan cara tugal, dimana tanah dilubangi 3 cm – 8 cm dan setiap lubang diberi 2 benih.

  • Pemupukan

Pemberian ada dua yaitu pupuk kandang dengan cara disebar dan diratakan bersamaan dengan pengolahan tanah.  Dan dengan pupuk kimia sebanyak 300 kg/ha diberikan saat buncis berumur 1 dan 3 minggu setelah penanaman masing-masing setengah dosis. Setelah itu dilakukan pemberian pupuk susulan

Pemeliharaan

Jika ada benih yang rusak atau tidak tumbuh akan dilakukan penyulaman. Penyulaman dilakukan agar pertumbuhan buncis yang diinginkan akan sesuai yang direncanakan. Untuk pemberian air dilakukan penyiraman setiap sore dari awal penanaman sampai benih tumbuh, penyiraman selanjutnya dilakukan sesuai kondisi tanaman, kondisi lahan dan cuaca yang sedang terjadi.

Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)

Untuk mencegah serangan hama dan penyakit perlu diperhatikan kondisi lahan penanaman dan irigasi yang ada, dan jika  menggunakan pestisida atau bahan kimia, sebaiknya penggunaan pestisida harus sesuai pemilihan jenis, dosis yang digunakan , volume dan cara semprot, dan waktu aplikasinya.

Panen

Panen pada tanaman buncis bisa berlangsung 3 sampai 4 kali dengan waktu panenen 2 sampai 3 bulan setelah masa tanam. Panen yang dilakukan berjarak beberapa hari.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test