Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Anggur

Cara Budidaya Anggur – Buah anggur adalah salah satu buah-buahan yang paling laris didunia.

Rasa yang khas dan lezat dari buah ini digemari oleh sebagian masyarakat mulai dari kalangan anak kecil hingga lanjut usia.

Selain kenikmatan rasanya, buah anggur juga memberikan manfaat bagi penggemarnya, diantaranya yaitu sebagai sumber vitamin dan mineral, dapat melindungi tubuh dari radiasi dan kanker, hingga dapat menambah kecerahan pada wajah.

Karena rasa dan manfaat yang menguntungkan dari buah anggur banyak digemari oleh masyarakat, maka tak heran jika harganya cukup tinggi untuk dijual.

Oleh karena itu, jika anda ingin menjadikan tanaman ini untuk keperluan bisnis ataupun hanya ingin merawatnya saja bagi kepentingan pribadi, maka anda perlu memperhatikan cara budidaya tanaman anggur dibawah ini:

  1. Persiapkan media tanam

Untuk langkah awal jika anda ingin buidaya tanaman anggur, maka anda perlu untuk mempersiapkan lahan yang subur dan mudah untuk penyerapan airnya. Selain itu, ketinggian tanah tidak boleh kurang dari 1 meter pada permukaan tanahnya. Tanah lempung berpasir baik digunakan untuk menanam tanaman anggur dengan Ph 6,5-7.

  1. Pemilihan bibit

Untuk merawat tanaman anggur secara maksimal, maka diperlukan pemilihan bibi dengan kualitas yang super ataupun baik. Biasanya agar mendapatkan bibit yang baik maka dilakukanlah stek pada tanaman induk yang memiliki kualitas baik pula.

  1. Penyemaian bibit

Setelah bibit anggur didapatkan, untuk langkah selanjutnya adalah penyemaian bibit anggur untuk lebih mudah mengontrol dan memastikan bahwa bibit anggur mendapatkan unzur zat hara yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan tempat semai (pot/polybag)
  • Mengaduk rata tanah yang dicampur pupuk, kemudian dimasukkan kedalam tempat semai yang dipilih sebelumnya
  • Kemudian pindahkan bibit anggur stek kedalam tempat semai yang berisi tanah dan pupuk yang sudah tercampur rata
  • Lakukan perawatan dengan menyiram bibit stek semai tersebut setiap pagi dan sore
  • Tunggu sekitar 2 bulan sampai bibit anggur tumbuh tunas baru dan memiliki banyak akar
  1. Pengolahan lahan tanam

Persiapkan lahan yang akan digunakan sebagai media tanam dari benih tanaman anggur yang sudah disemai sebelumnya. Sebaiknya tanah yang digunakan digemburkan terlebih dahulu untuk menghilangkan hama serta racun pada tanah tersebut

  1. Menanam benih

Setelah 2 bulan, bibit anggur yang telah disemai seharusnya dipindahkan ke media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sebaiknya hal ini dilakukan pada musim kemarau. Kemudian persiapkan para-para menggunakan bambu / rotan / bahan lainnya sebagai media rambat bagi tanaman anggur tersebut dengan tinggi sekitar 2 meter.

  1. Pemeliharaan tanaman

Ketika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kita perlu merawat tanaman anggur tersebut dengan cara melakukan pengecekkan secara berkala mengenai kebutuhan tanaman untuk tumbuh dengan baik, mulai dari perairan, penyiangan, penjarangan dan lain sebagainya. Kita harus memastikan bahwa tanaman anggur itu dapat tumbuh dengan seharusnya, ketika ada tanda-tanda sebaliknya maka segeralah untuk mengganti bibit yang baru.

  1. Proses panen

Dapat dikatakan panen ketika pada 1 ranting semua buah masak dan memiliki warna yang sama secara merata, buah tersebut tidak sulit untuk dilepas, dan tekstur dari buah tersebut tidak terlalu keras.

Untuk mengambil hasil panen tersebut hendaklah ambil dengan menggunakan gunting agar lebih mudah dalam mengambilnya, petik anggur-anggur yang sudah masak tersebut pada pagi hari dan sebaiknya langsung dimasukkan kedalam keranjang yang sudah dipersiapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya tanaman anggur. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah membacanya.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test