Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Bengkuang

Cara Budidaya Bengkuang – Bengkuang adalah tanaman yang sangat dikenal oleh kaum wanita, khususnya untuk perawatan wajah. Berbagai produk kecantikan menggunakan bengkuang sebagai bahan baku dikarenakan khasiat yang dimiliki oleh bengkuang. Selain itu, bengkuang juga dapat dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam masakan. Tentunya, hal ini sangat mendukung bisnis budidaya bengkuang.

Bengkuang sendiri adalah tanaman yang ideal ditanam pada dataran rendah, sekitar 200-800 m dpl dengan suhu 25o-28o C. Berikut adalah langkah-langkah untuk membudidayakan bengkuang. Langkah pertama adalah menyiapkan benih bengkuang. Pemilihan benih dapat dilakukan dengan cara menyeleksi benih dari tanaman yang ada dan yang kedua dengan cara menyeleksi dari benih hasil panen.

Pemilihan benih dengan menyeleksinya dari tanaman yang ada, berarti perlu dilakukan seleksi pada tanaman yang sehat. Setelah menemukan tanaman yang terlihat sehat, tunggu hingga tanaman tersebut berbunga dan bunganya memiliki polong. Polong tersebutlah yang nantinya akan ditanam.

Cara kedua adalah dengan menyeleksi dari benih hasil panen. Pilih umbi hasil panen yang memiliki kualitas baik lalu tunggu hinga umbi tersebut bertunas. Setelah tunas tumbuh, pilih tunas yang paling dekat dengan umbi. Tanam bengkuang tersebut dan tunggu hingga bertumbuh dan berbunga. Dari bunga tersebut nantinya akan dihasilkan polong yang kemudian siap ditanam.

Langkah kedua adalah dengan merendam benih. Benih yang akan ditanam sebaiknya direndam selama 6-12 jam kemudian ditiriskan dan dibiarkan selama satu hari. Benih dianggap siap ditanam apabila sudah ada calon-calon tunas yang tumbuh dari biji bengkuang tersebut.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan tanah. Tanah untuk penanaman bengkuang perlu dibajak atau dicangkul terlebih dahulu. Setelah membajak atau mencangkul tanah, buat bedengan dengan lebar 1 m dan bertinggi 20-25 cm. Jarak antar bedengan dapat dibuat sekitar 40-50 cm dengan panjang bedengan yang dapat disesuaikan dengan luas tanah.

Berikan pupuk sesuai dengan kebutuhan, kemudian buat lubang tanam. Lubang tanam dibuat sedalam 5-7 cm dan dapat ditanam 2 baris per bedengnya. Buat jarak antar lubang tanam sebesar 25 cm dan jarang antar baris 30 cm.

Baca Juga :

Setelah menyiapkan tanah, lakukan penanaman benih bengkuang. Penananam benih dilakukan dengan cara memasukkan 1 biji ke dalam setiap lubang tanam lalu tutup lubang tanam tersebut dengan tanah. Siram teratur dan pastikan tanah tetap lembab.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test