Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Biografi Penemu Mesin Fax – Alexander Bain

Biografi Penemu Mesin Fax – Alexander Bain – Alexander bain ialah seorang penemu mesin fax yang lahir pada bulan Oktober 1811 tepatnya di Watten, Caitness, Skotlandia. Dapat diketahui bahwa mesin fax ialah salah satu teknologi canggih yang menghubungkan jarak jauh menjadi sangat dekat.

Untitled

Teknologi ini telah ada sejak tahun 1843 dimana pada tahun tersebut Alexander telah berhasil menciptakan mesin fax yang pertama.

Dalam penemuannya ini Dia mempercayai bahwa simbol atau kode Morse yang biasa digunakan untuk pramuka bisa diterapkan secara visual. Yang mana sumber informasi ini tak hanya membantu dari fokus pendengaran akan tetapi juga dimanfaatkan oleh ragam informasi yang lainnya.

Konsep dan juga gagasan utama dari mesin fax ini merupakan sebuah penggunaan dari sinyal-sinyal listrik yang telah dihasilkan oleh operator telegraf, yang tak lain dan tak bukan ialah arena paling besar yang digunakan dalam berkomunikasi.

Baca Juga : Kisah Hidup Nikola Tesla Ilmuwan Listrik Terbesar di Dunia

Bersama dengan teknologi yang didesain oleh Alexander ini berupa sinyal-sinyal yang kemudian akan melewati suatu kertas yang direndam di suatu larutan kimia. Sinyal itulah yang menjadikan bahan kimia menjadi menguap hingga meninggalkan jejak-jejak tanda panjang dan pendek dalam kode Morse.

Tanda inilah yang nantinya akan dimungkinkan untuk melakukan suatu pengiriman informasi dalam komunikasi jauh lebih cepat. Bahkan bisa pula untuk direkam atau disimpan dengan menekan tombol tertentu sebagai instruksinya.

Telegraf sinyal ialah suatu mesin faks yang pertama ada dengan kesuksesan dalam mengirim suatu pesan melalui pengaturan transmisi arus listrik. Mesin fax yang memiliki pengiriman pesan atau dokumen dari jarak jauh lebih cepat ini menjadi salah satu tonggak berdirinya teknologi komunikasi. Hingga akhirnya terus berkembang dan pesat seperti sekarang ini.

Sebenarnya konsep yang ada dalam mesin fax hasil penemuan dari Alexander ini berperan penting untuk mengirim salinan teks asli atau disebut dengan faksimile. Dalam artian pihak penerima pesan dapat mendengarkan langsung dan mengulang kembali pesan yang terkirim melalui mesin fax tersebut.

Dalam informasi sekaligus komunikasi ini seperti pemindaian gambar, teks dan yang lain yang mana dapat ditafsirkan sebagai sinyal kotak on dan off. Ini berarti bahwa informasi yang bersangkutan akan mencetak pesan yang dikirim oleh pengirim kepada penerima pesan.

Tak hanya itu saja, sebagai salah satu media komunikasi canggih menjadikan mesin fax ini tenar yakni di tahun 1983. Hal ini terjadi bersamaan dengan adanya Komite konsultasi internasional telephonique et telegraphique atau CCITT grup 3 yang menetapkan suatu protokol berstandar dalam komunikasi internasional.

Teknologi yang super canggih inipun dimanfaatkan oleh masyarakat seperti mengirimkan dokumen penting dari jarak jauh. Dengan bantuan media ini semua itu akan jauh lebih mudah, praktis dan aman.

Sejak tahun 1990’an telah menghasilkan mesin fax yang lebih fleksibel yakni dari ukuran yang super besar menjadi ukuran simpel. Dengan begitu bisa digunakan dimana saja seperti pada penggunaan yang terus berkembang hingga sekarang ini seperti para pebisnis. Mereka dapat memanfaatkan dan memaksimalkan fasilitas dari mesin fax ini dalam biaya yang murah dan mudah.

Mesin fax yang telah ada sejak dulu hingga sekarang memang senantiasa dijadikan sebagai media pengirim pesan yang cepat. Akan tetapi kedudukan dari kecepatan tersebut telah tergeser oleh media yang lain. Walaupun begitu hal ini tak membuat pengguna mesin fax menghilang begitu saja sebab terdapat beberapa pihak yang menggunakannya. Tentu saja penggunaan itu sesuai pihak bersangkutan yang menjadikan mesin ini sebagai mesin biasa ataupun multifungsi.

Baca Juga : Kisah Hidup Julius Robert Oppenheimer

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test