Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Biografi Penemu Insulin Obat Diabetes – Frederick Grant Banting

Biografi Penemu Insulin Obat Diabetes – Frederick Grant Banting – Frederick grant banting ialah seorang penemu insulin diabetes. Frederick lahir di Allison, Ontario Canada pada tanggal 14 November 1891. Penemuan yang begitu besar ini diawali dari masa pendidikannya.

Untitled

Setelah selesai menempuh jenjang pendidikan menengah atas , Frederick melanjutkan study di Universitas Toronto dengan jurusan Teologi dan kemudian pindah ke jurusan Kedokteran. Selepas itu pada tahun 1919 frederick dengan gelar MB itu bekerja sebagai Dokter di Korps Angkatan Darat Kanada.

Namun setelah perang dunia I selesai Frederick memutuskan untuk bersekolah lagi di jurusan ortopedi sembari bekerja di Rumah sakit. Hingga akhirnya dia bekerja partime sebagai Dosen Ortopedik di University of Western oNtario Canada. Sejak di tahun 1921 ini dan selepas setahun setelah itu Frederick mendapatkan gelar MD dan menjadi Dosen Farmakologi di Universitas Toronto.

Frederick ialah seorang Dokter pertama di dunia yang telah menemukan insulin. Seperti yang diketahui bahwa insulin ini termasuk hormon pengubah glukosa atau gula di dalam darah menjadi glikogen atau gula otot. Apabila seseorang mengalami kekurangan akan hormon ini maka bisa menimbulkan penyakit diabetes.

Tak sampai disini saja Frederick dan Dr Charles Best sebagai asistennya memulai suatu percobaan yang lebih lanjut dari penemuannya itu. Hingga akhirnya hasil tersebut tak mengecewakan.

Seorang bernama Macleod yang menjadi ahli kimia James Collip juga turut membantu. Melalui teknik ekstraksi insulin mampu menghasilkan ekstrak insulin yang dapat berguna hingga saat ini. Bahkan dalam jumlah yang sangat besar juga dimanfaatkan melalui kultur jaringan. Tentu saja tak terlepas dari bantuan mikro organisme.

Begitu panjang proses tersebut hingga menjadikan sosok Frederick sangat begitu tertarik dengan hormon insulin ini. Salah satu usahanya ialah membaca beragam sumber informasi yang terlibat di dalam fokus tersebut. Bahkan seorang Profesor Fisiologi di Universitas Toronto yang bernama JJR Macleod dan kawan-kawannya memberikan fasilitas untuk eksperimental itu yang mengarah pada hormon insulin.

Hingga di tahun 1922 Frederick diangkat menjadi demonstrator senior di Universitas Toronto dengan bidang kedokteran. Tak hanya itu saja terdapat beragam penghargaan yang diperolehnya seperti:

  • Ketua medical penelitian terbaik oleh Badan legislatif Ontario.
  • Consuling kehormatan dokter ke Toronto general hospital, Rumah sakit anak-anak dan rumah sakit Toronto barat.
  • Mendapatkan gelar LLD deraat quessns dan gelar D Sc derajat Toronto.
  • Penghargaan nobel dengan bidang kedokteran di tahun 1924.
  • Raja George V Kanada di tahun 1924 juga memberikan gelar sebagai satria untuknya.
  • anggota akademis media dan masyarakat dalam negeri dan luar negeri pada tahun 1928.
  • Penghargaan Reeve dari Universitas Toronto di tahun 1922.
  • Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran bersama Macleod di tahun 1923.
  • mendapat gelar kebangsawanan di tahun 1934.

Saat perang dunia ke dua itu, Frederick mulai bergabung bersama Korps Angkatan Udara Kanada hingga terlibat pula dalam urusan pembuatan senjata secara biologis, seperti pembuatan bakteri antraks secara besar-besaran. Namun dalam perjalanan di tahun 1941 Frederick mengalami kecelakaan pesawat terbang dan meninggal dunia. Tepatnya di 21 Februari, New Founland.

Tentu saja dalam kematiannya ini memberikan duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan yakni istrinya yang bernama Henriettta ball dan keluarga lainnya. Namun duka itu tak hanya dirasakan oleh anggota keluarga saja melainkan juga semua warga Kanada. Terlebih begitu besarnya penemuan yang memberikan manfaat baik untuk semua.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test