Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Bentuk dan Hasil Akomodasi

Bentuk dan Hasil Akomodasi РAkomodasi adalah penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan ketegangan maupun konflik. Definisi akomodasi tersebut  menurut KBBI.

Dalam kehidupan sosial bermasyakat, konflik memang sesuatu yang akan ada. Karena setiap individu, atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda dan dalam usaha menjalankan kepentingan tersebut pertentangan, timbulnya konflik menjadi hal yang tak dapat dihindarkan.

Namun konflik yang berkepanjangan tentu akan merusak tatanan dalam kehidupan bermasyarakat.

Karena konflik yang berkepanjangan tanpa adanya usaha untuk menyelesaikan atau meredakan, bisa jadi pihak yang semula tidak terlibat jadi terdampak akibat konflik yang terjadi.

Dan kerusakan pun tak bisa dihindarkan. Agar kerusakan tak menimbulkan kerugian lebih lanjut, maka konflik harus segera diredakan dan diselesaikan.

Salah satu cara untuk meredakan konflik yaitu melalui akomodasi. Terdapat beberapa bentuk akomodasi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meredakan konflik, yaitu

  1. koersi merupakan penyelesaian konflik yang dilakukan dengan ancaman atau paksaan terhadap salah satu pihak. Dalam proses koersi, pihak yang berkonflik biasanya memiliki kekuatan yang tak berimbang.
  2. ajudifikasi merupakan proses penyelesaian konflik dengan menghadirkan pihak ketiga namun secara hukum. Pihak ketiga ini yang akan memutuskan bagaimana kedua pihak yang berkonflik harus bertindak.
  3. kompromi menghasilkan permintaan serta penyerahan yang dilakukan antar kedua pihak yang berkonflik. Pada proses kompromi, pihak yang berkonflik biasanya memiliki kekuatan yang sama atau tak dapat mengalahkan satu sama lain. Sehingga cara terbaik untuk meredakan atau menyelesaikannya adalah melalui kompromi.
  4. toleransi terjadi ketika kedua pihak yang berkonflik tidak melakukan proses untuk menyelesaikan konflik yang terjadi namun menghindar satu sama lain agar konflik lebih lanjut tidak terjadi. Toleransi melibatkan penerimaan dari salah satu pihak
  5. arbitrasi dan konsiliasi berarti pihak yang berkonflik mencoba menghadirkan pihak ketiga untuk mengakhiri konflik yang terjadi antar kedua pihak. Namun keputusan tetap berada di tangan pihak yang berkonflik.

Pada proses akomodasi, pihak yang berkonflik berusaha untuk menghasilkan sesuatu. Hasil yang bisa didapatkan dari proses akomodasi adalah

  1. menekan oposisi.
  2. integrasi masyarakat.
  3. perubahan keadaan lembaga masyarakat sesuai dengan kesepakatan ataupun hasil akomodasi.
  4. perubahan kelas, ini terjadi apabila salah satu pihak yang berkonflik lebih kuat dan pihak lainnya terpaksa mengikuti aturan pihak yang lebih kuat.
  5. perubahan kedudukan. Ketika perubahan dalam masyarakat mulai terjadi, maka proses mobilisasi sosial juga akan terjadi.
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test