Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Bentuk-bentuk kerjasama Internasional

Bentuk-bentuk kerjasama Internasional – Ritaelfianis.com – Kerja sama internasional yang diselenggarakan oleh negara-negara di dunia dapat berbentuk seperti berikut.

Kerja Sama Ekonomi Bilateral

Adalah suatu kerjasama yang dapat terjalin pada dua  negara yang melakukan kerja sama ekonomi dan mempunyai hubungan diplomatik.

Negara-negara yang mempunyai kerjasama dan hubungan diplomatik tersebut akan mempunyai perwakilan yang ditempatkan ditiap-tiap negara.

Baca Juga : Pengertian dan Makna Yang Terkandung Dalam Proklamasi UUD 1945

Kerja Sama Ekonomi Regional

Adalah suatu kerja sama yang dapat terjalin antara beberapa negara yang berada pada satu wilayah dan satu kawasan ekonomi didalam organisasi yang sama.

Kerjasama semacam ini terjalin biasanya juga karena didasari dari adanya persamaan latar belakang sejarah, sumber daya alam, orientasi pasar dan hal teknis lainnya.

Selain itu juga karena adanya suatu kedekatan wilayah ataupun suatu kepentingan yang mendasari terjadinya organisasi tersebut.

Tujuan dari terbentuknya kerja sama ini adalah untuk menciptakan suatu perdagangan yang bersifat bebas di negara-negara yang terlibat.

Kerja Sama Ekonomi Sub-Regional

Adalah suatu kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara didalam kawasan benua yang sama.

Misalnya kerja sama yang terjalin diantara Indonesia, Malaysia, dan Thailand sebagai sesama anggota ASEAN.

Adanya kerjasama ini dalam rangka membentuk suatu tujuan untuk membentuk Growth Triangle (IMT-GT) atau yang dikenal dengan segitiga pertumbuhan, guna mempercepat  terjadinya pertumbuhan ekonomi di ketiga negara yang terlibat.

Faktor-faktor penting yang akan mendorong terjadinya pengembangan kerja sama sub-regional tersebut adalah karena adanya saling ketergantungan satu sama lain dalam per-ekonomian, adanya ikatan ataupun kesamaan dalam hal sejarah dan budaya, serta adanya keinginan bersama untuk saling memacu  perkembangan pembangunan di negara masing-masing.

Kerja Sama Antar-Regional

Adalah suatu kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh kelompok negara-negara yang tergabung dalam satu kawasan, dengan kelompok negara-negara yang berada pada kawasan lain.

Sebagai contoh adalah kerjasama antar negara yang terjalin antara negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN dengan negara-negara yang tergabung dalam organisasi APEC.

Kerja Sama Ekonomi Multilateral

Adalah suatu kerja sama yang diselenggarakan oleh sekelompok bangsa-bangsa di dunia tanpa melihat wilayah ataupun kawasan, tetapi mempunyai tujuan yang sama untuk memajukan perkembangan perekonomian di negara masing-masing.

Contoh dari bentuk kerja sama multilateral ini adalah: WTO, Bank Dunia, dan PBB.

Para anggota yang  berada didalam kerjasama ini biasanya terdiri dari 2 kategori kelompok.

Anggota pertama disebut sebagai anggota aktif atau anggota yang berasal negara yang memiliki kekuatan menengah, sedangkan anggota kedua adalah anggota yang berasal dari negara-negara yang lebih kecil atau yang memiliki peranan lebih terbatas dan lebih sedikit kekuatan peranannya didalam bidang internasional.

Kerjasama Ekonomi Internasional

Adalah suatu kerja sama yang dilakukan antar  kelompok negara-negara yang terdapat di seluruh dunia.

Khususnya didalam bidang ekonomi, terdapat beberapa organisasi yang mencerminkan bentuk dari kerjasama Internasional ini yaitu:

  • WTO (World Trade Organization), WTO adalah organisasi yang dibentuk untuk tujuan pengawasan dan pemecahan setiap masalah perdangan yang terjadi antar Negara yang terlibat didalamnya.
  • IMF (International Monetary Fund), adalah organisasi yang dibentuk untuk dapat memberikan pinjaman pada negara-negara yang membutuhkan bantuan, agar kestabilan keuangan Internasional dapat tetap terjaga. Biasanya negara yang membutuhkan pinjaman adalah negara-negara yang harus berhadapan dengan kondisi moneter seperti mata uang yang tidak stabil ataupun negara yang berada pada kondisi lemah untuk dapat melakukan pembayaran hutang negaranya.
  • OPEC (Organization Petrolium Exporting Countries), adalah organisasi yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan minyak yang ada di dunia serta untuk mengatur jalannya pemasaran minyak dunia antar sesama negara pengekspor.

Baca Juga : Jenis-jenis Nilai Perjuangan Dalam Pancasila dan UUD 1945

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test