Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Beberapa Tips Mengolah barang bekas untuk dijual

Mengolah barang bekas untuk dijual menjadi salah satu peluang bisnis kreatif yang dapat kita jalankan saat ini. Tentu saja dengan menggunakan barang bekas untuk dijadikan sebagai barang baru yang bermanfaat dan dapat dijual, kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Namun sebaliknya, dengan modal kecil yang dimiliki kita bisa menjalankan peluang bisnis tersebut dengan mudah di rumah.

Untitled

Ada sejumlah usaha kreatif bermodal kecil yang dapat kita jalani dengan mudah, seperti membuat kerajinan tangan. Ya, kita bisa membuat patung kayu, pot bunga, celengan, berbagai jenis aksesoris rumah, mainan, topeng lukis, dan sebagainya yang tentu saja bisa Anda jual untuk mendapat penghasilan.

Dengan mendaur ulang barang bekas yang ada di rumah sehingga menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, maka dengan membuat kerajinan tangan tersebut Anda bisa memperoleh uang yang tak kalah besar jika dibandingkan dengan gaji tetap Anda jika bekerja dengan orang. Beberapa contoh barang bekas yang dapat dijadikan barang berguna untuk dijual di antaranya adalah :

  1. Botol minum plastik

Jika Anda memiliki botol minuman bekas di rumah, sebaiknya jangan langsung Anda buang! Sebab, botol minum bekas tersebut bisa didaur ulang untuk menjadi barang-barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Anda bisa membuat botol minum bekas menjadi berbagai jenis barang yang unik sesuai dengan kreativitas yang dimiliki, seperti pot bunga, tempat makanan hewan, kap lampu, dan sebagainya.

  1. Kertas

Kertas yang sudah tidak dipakai alias bekas dapat kita manfaatkan untuk menjadi berbagai bentuk menarik yang memiliki nilai jual. Tentu saja bagi Anda yang memiliki kemampuan melipat kertas menjadi berbagai bentuk atau yang sering disebut dengan istilah origami harus memanfaatkan keahlian Anda tersebut untuk mendapatkan uang. Anda bisa melipat kertas dan menjadi bentuk yang menarik seperti miniature kendaraan, tumbuhan, atau berbagai jenis hewan bahkan tas seperti pada gambar di atas.

  1. Kaleng 

Berbagai jenis kaleng, mulai dari kaleng susu, kaleng biscuit, kaleng permen, kaleng cokelat, dan lain sebagainya sangat sayang jika dibuang begitu saja ke tempat sampah. Pasalnya, kaleng bekas tersebut dapat Anda daur ulang dengan sekreatif mungkin untuk menjadi berbagai barang yang berguna seperti aneka pajangan, celengan, mainan, tempat handuk, souvenir, tempat pensil, dan lain sebagainya. Di samping itu, kaleng bekas cat juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi ember yang cantik. Kreasikanlah berbagai barang bekas tersebut untuk terlihat lebih menarik dan unik supaya menarik minat setiap mata yang melihatnya.

Kerajinan tangan yang terbuat dari aneka bahan bekas tersebut bisa Anda jual melalui media online. Di samping itu, Anda juga bisa menjajakannya dengan berkeliling. Kunjungilah pasar-pasar, sekolah, perkantoran, dan jalan-jalan yang biasa banyak dilalui orang.

Untuk memudahkan Anda membawa barang-barang yang ingin dijual, Anda bisa memakai gerobak ataupun sepeda motor sehingga dapat menunjang bisnis kreatif yang sedang Anda jalani tersebut. Berkreasi dengan memanfaatkan barang-barang seperti yang disebutkan di atas tentu saja sangat menyenangkan.

Selain untuk mencari uang, Anda juga bisa mendapat kepuasan tersendiri karena sudah berhasil mengubah barang bekas, yang tadinya sudah tidak ada gunanya lagi, menjadi barang baru yang bermanfaat dan diperlukan banyak orang. Ketahuilah, apapun bisnis kreatif yang sedang Anda geluti, semuanya itu membutuhkan kesabaran, perjuangan, dan focus untuk dapat naik ke jenjang kesuksesan. jangan lupa untuk mempelajari juga Jurus Jitu yang Bikin Bisnis Makin Berkembang.

Baca Juga : 5 Sifat Yang di Lakukan Saat di Tolak Cinta

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme