Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Beberapa Contoh Teks hasil Observasi

teks-obserfasiBeberapa Contoh Teks hasil Observasi – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari beberapa contoh teks hasil observasi.

Namun sebelum mempelajari contohnya, kita akan mempelajari pengertian dari teks hasil observasi terlebih dahulu.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita basas satu per satu.

Pengertian Teks Hasil Observasi

Teks hasil oservasi ialah teks yang berisi tentang pembahasan atau penjambaran sesuatu yang merupakan hasil dari pengamatan atau observasi.

Selain dikenal sebagai teks hasil observasi, teks ini juga dikenal dengan istilah teks klasifikasi. Disebut sebagai teks klasifikasi, karena di dalamnya terdapat klasifikasi tentang sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Umumnya teks hasil observasi tersusun atas diskripsi bentuk, ciri-ciri, dan sifat bentuk dari objek yang diamati. Objek tersebut dapat berupa benda, manusia, hewan, tumbuhan, atau hal lainnya.

Struktur Teks Hasil Observasi

Biasanya teks hasil observasi terdiri atas empat bagian yaitu definisi umum, definisi bagian, definisi manfaat, dan penutup.

Ciri-Ciri Teks Hasil Observasi

Teks hasil observasi memiliki beberapa ciri-ciri, berikut beberapa ciri-ciri teks observasi yang perlu kita ketahui :

  • Bersifat objektif
  • Tidak memihak
  • Tulisan yang ditulis harus sesuai dengan fakta saat melakukan observasi
  • Tidak mengandung unsur dugaan atau tulisan yang keluar dari topik pembahasan
  • Bersifat global atau universal
  • Penulisan dilakukan secara lengkap, agar tidak ketimpangan pada hasil yang disampaikan
  • Penulisan teks dilakukan dengan semenarik mungkin, dengan bahasa baku dan berbobot.

Contoh Teks Hasil Observasi

  • Contoh Teks Hasil Observasi Alam

Global Warning atau lebih kita kenal dengan istilah pemanasan global adalah proses meningginya suhu bumi pada setiap tahunnya, peristiwa ini diakibatkan oleh meningkatnya gas buang karbon yang berasal dari kendaraan bermotor, industri, pembakaran, dan lain sebagainya.

Selain itu, pemanasan global terjadi karena gas efek rumah kaca yang berupa karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), gas metana, dan lain sebagainya.

Gas-gas tersebutlah yang mengakibatkan green house effect atau gas rumah kaca pada atmosfer bumi, sehingga sinar UV sebagian besar tertahan di atmosfer.

Hal inilah yang mengakibatkan suhu rata-rata di seluruh permukaan bumi meningkat dan dalam waktu dekat mengakibatkan air permukaan laut naik, akibat dari mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan.

Selain kedua hal tersebut, pemanasan global juga terjadi karena adanya penguraian ozon (O3) menjadi oksigen (O2) dan unsur O. Sehingga, ozon tidak menangkal sinar UV secara langsung dan mengakibatkan sinar tersebut secara langsung menembus permukaan bumi.

Dari ketiga hal tersebut, penyebab utama terjadinya pemanasan global ialah efek rumah kaca yang sudah dijelaskan diatas.

Efek rumah kaca juga dapat terjadi karena perilaku manusia lainnya seperti penebangan pohon, pemakaian listrik yang berlebihan atau boros, pembakaran lahan, dan lain sebagainya.

Akibat dari hal-hal tersebut, meninggalkan dan menghasilkan jejak karbon yang akan menumpuk di atmosfer bumi.

  • Contoh Teks Hasil Observasi Lingkungan

Kebersihan lingkungan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga manusia yang tinggal di lingkungan tersebut tidak mudah terserang oleh penyakit.

Kondisi kebersihan lingkungan di Desa Maju Mapan sangat baik karena saluran air terpelihara dengan baik dan tidak mampet serta tidak berbau, terdapat tempat penampungan sampah sementara di depan setiap rumah.

Kondisi tempat penampungan sampah sementara yang berupa drum, dalam kondisi terawat dan tidak menimbulkan bau yang dapat menggangu kesehatan.

Petugas kebersihan mengambil sampah setiap satu kali dalam sehari. Selain itu, setiap seminggu sekali warga Desa Maju Mapan mengadakan kegiatan kerja bakti bersama untuk membersihkan lingkungan disekitar desa mereka.

Kebersihan lingkungan tidaklah sulit untuk diterapkan, jika kita dapat membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test