Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Bagaimana Budaya Asing Masuk ke Indonesia dan Cara Menanggulanginya

AGUNGQQ Agen DominoQQ, BandarQ, Capsa Susun, QQ Online Terpercaya di Indonesia

Bagaimana Budaya Asing Masuk ke Indonesia dan Cara Menanggulanginya – Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang idah dan mempesona sehingga banyak orang asing atau turis yang datang untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Untitled

Dengan adanya turis atau orang asing dari negara lain sehingga membawa berbagai pengaruh positif dan negative baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh pengaruh negatif dari kebudayaan asing adalah gaya hidup (lifestyle) orang asing dari cara bergaul sampai cara berpakaian mereka. Sedangkan contoh positif dari budaya asing adalah teknologi yang lebih modern dan lebih maju dibandingkan dengan negara Indonesia.

Di abad 21 ini merupakan abad yang modern. Modern muncul karena adanya modernisasi yang merupakan hal-hal yang mempengaruhi gaya hidup seseorang untuk dapat bersikap lebih modern atau mengikuti perkembangan zaman. Modernisasi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan westernisasi sehingga banyak orang yang mengikuti gaya hidup orang barat dan mendorong kita untuk bersikap konsumtif.

Masa remaja adalah masa yang labil sehingga akan mudah terpengaruh oleh budaya asing (westernisasi). Dampak negatif yang menonjol dari budaya barat adalah lunturnya budaya asli, gaya berpakaian, cara bergaul yang bebas serta sopan santun.

Orang asing (barat) memiliki penampilan yaitu berambut pirang, postur tinggi, kulit yang putih serta bola mata yang berbeda dengan orang Indonesia. Ciri tersebut diperoleh dari gen yang dimiliki oleh orang barat dan tidak dimiliki oleh orang Indonesia.

Orang Indonesia menganggap secara fisik bahwa mereka merupakan suatu keindahan, tak heran banyak orang Indonesia mereka dengan mencat rambutnya, memakai softline berwarna dan masih banyak lagi. Meniru gaya orang barat merupakan hal yang tidak baik, dengan demikian tidak mensyukuri terhadap apa yang telah diberi oleh Tuhan kepada kita.

Hal tersebut juga tidak baik karena, hal tersebut membuat kita tidak bersyukur dengan apa yang telah diberikan Tuhan pada kita. Selain dilihat dari sisi negatif ada pula sisi positifnya, yaitu teknologi yang dimiliki oleh orang asing. Mereka memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju dari bangsa Indonesia.

Berikut ini beberapa dampak negatif adanya budaya asing (barat) adalah lebih mudah diserap dan ditiru sehinnga biasanya meniru perilaku yang buruk, hilangnya suatu kebudayaan Indonesia karena adanya percampuran budaya lokal dengan budaya luar, pengalihan kinerja manusia ke mesin (menyebabkan polusi udara yang akan memperparah pemanasan global), menumbuhkan sikap dan sifat individualism (tidak adanya rasa kepedulian terhadap orang lain).

Di Indonesia budaya barat berkembang dengan begitu cepat dan pesat sehingga dapat berdampak positif dan negatif. Yang sangat dikhawatirkan adalah dampak negatif yang ditimbulkan. Tak heran jika para orangtua sangat khawatir terhadap pergaulan anak-anaknya.

Apalagi masa remaja adalah masa yang labil, ketika tidak mengikuti perkembangan atau trend yang ada maka akan dianggap kuper atau tidak gaul. Sehingga remaja banyak yang terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik bahkan pergaulan bebas.

Adapun solusi untuk menanggulangi pengaruh budaya asing (barat) adalah

  • Harus bisa menyaring dan memilah perkembangan budaya yang ada saat ini. Tid ak semua yang berkembang saat ini adalah baik, kebanyakan budaya barat sangat berbeda sekali dengan budaya timur (Indonesia).
  • Orang tua harus lebih perhatian, mendekatkan diri, care kepada anaknya serta teman bagi anaknya. Dengan demikian anak-anak dapat terpantau dan terlindungi dari hal-hal yang tidak baik.
  • Pemeritah beserta lembaga lainnya harusnya lebih tegas terhadap masuknya budaya asing dan membuat peraturan-peraturan agar tidak sembarang orang asing bisa masuk Indonesia

Baca Juga : Budaya-Budaya yang Ada di Jawa Tengah

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test