Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Arti Ambigu adalah

Arti AmbiguApa yang dimaksud dengan ambigu (ambiguous)? Secara umum, arti ambigu adalah pengertian ambigu adalah suatu kondisi yang tidak pasti atau tidak jelas untuk dipahami sehingga menimbulkan kerancuan atau multitafsir.

Pendapat lain mengatakan, pengertian ambigu adalah suatu kata, frasa, atau kalimat yang memiliki makna ganda/ taksa sehingga menimbulkan keraguan atau ketidakjelasan bagi orang lain.

Suatu kata atau kalimat menjadi ambigu biasanya karena struktur kalimat yang tidak tepat, intonasi, serta penggunaan kata yang sifatnya Polisemi.

Keambiguan sering juga terjadi pada penggunaan kata, frasa, atau kalimat. Untuk menghindari keambiguan tersebut maka pemilihan kata yang tepat, tanda baca, dan intonasi, harus sesuai dengan yang seharusnya.

Arti Ambigu Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan kata ambigu,maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

  1. Crane, Yeager, dan Whitman

Menurut Crane, Yeager, dan Whitman, arti ambigu adalah suatu hal (kalimat) yang memiliki lebih dari satu interpretasi normal.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Berdasarkan Kamus Beras Bahasa Indonesia (KBBI), arti ambigu adalah suatu kondisi yang bermakna lebih dari satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dan sebagainya); bermakna ganda; taksa.

Pengertian Ambigu Secara Etimologi

Secara etimologi istilah ambigu berasal dari bahasa latin ‘ambiguus’ yang memiliki arti tidak pasif atau senantiasa bergerak dari sisi ke sisi.

Ambigu juga dimaknai sebagai suatu keadaan yang menyebabkan keraguan. Ambiguus asal katanya dari ‘ambigere’ yang berarti ‘pergi ke suatu lokasi yang belum pasti’, ‘berjalan tanpa arah dengan ragu’.

Ambigiere adalah kombinasi dari kata ‘ambi’ yang bermakna kira-kira atau ke dua sisi atau sekitar dan kata agree yang berarti bergerak atau mendorong.

Istilah Ambigu dalam pergaulan Kehidupan Sehari- hari:

Istilah ambigu digunakan dalam berbagai kondisi atau situasi. Bahkan, bahasa gaul yang sering digunakan dalam percakapan anak muda saat ini juga sering menggunakan istilah ambigu.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak asing lagi dengan istilah ‘frasa ambigu’ atau ‘kalimat ambigu’.

Dalam Bahasa Indonesia arti dari kalimat ambigu ialah kalimat yang mempunyai makna ganda.

Makna ganda maksudnya ialah kalimat dapat menyebabkan timbulnya penafsiran lebih dari satu makna (tidak ada satupun makna yang pasti). semua tergantung dari pihak pembaca atau penafsir tersebut mengartikan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test