Artemisinin dan manfaatnya

By On Wednesday, January 21st, 2015 Categories : Info Lainnya

Artemisinin merupakan senyawa kelompok seskuiterpen lakton dan berkhasiat sebagai obat antimalria dan efektif terhadap semua jenis Plasmodium. Obat ini berkembang dari obat tradisional Cina untuk penderita demam yang dibuat dari ekstrak tumbuhan.
fia
Artemisinin digunakan sebagai obat malaria karena beberapa parasit Plasmodium seperti Plasmodium falcifarum sudah resisten terhadap obat malaria yang biasa digunakan yaitu klorokuin dan kuinin. Selain digunakan sebagai obat malaria, artemisinin juga telah terbukti efektif sebagai terapi hemoroid, aromaterapi, antivirus, antikanker, anti bakteri, industri parfum dan kosmetik. Senyawa artemisinin dihasilkan oleh tanaman Artemisia. Artemisinin sulit untuk diperoleh dan sangat mahal karena kandungan artemisinin pada artemisia sekitar 0,01-1,4% dari berat kering tanaman sehingga sulit untuk diperoleh dalam skala global.
Saat ini sudah diproduksi derivat artemisinin secara sintesis yaitu artemether, artesunat, dan arteether. Artemisinin berdasarkan ACT memiliki kemampuan yaitu bisa menghilangkan simptom dengan cepat, menurunkan biomass parasit dengan cepat, efektif pada parasit resisten multi-drug, dapat menurunkan pembawa gamet, menghambat transmisi, efek sampingnya minimal, serta belum ada resistensi terhadap artemisinin.

sekian artikel hari ini, selamat membaca dan semoga bermanfaat ^;^

salam rita elfianis

Artemisinin dan manfaatnya | ritaelfianis | 4.5